Kodim 0818-Komunitas SABERPUNGLI (Sapu Bersih Nyemplung Kali) Kecamatan Bumiaji bersama Komunitas Bank Sampah Desa Tulungrejo, LSM (Lembaga Sosial Masyarakat), Komunitas Giat Lingkungan, Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Masyarakat di lingkungan Desa Tulungrejo Serta tidak ketinggalan Koramil 0818/ 33 Bumiaji.

Bersama-sama melaksanakan Kerja Bakti Membersihkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Ledok Di daerah Dusun Gerdu Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu, pada hari Minggu pagi (02/09/18).

Alhasil dalam waktu 2 jam sudah terkumpul sampah hingga Satu truk LUAR BIASA, pada kesempatan ini yang jadi Sasaran bukan sekedar bersih-bersih aliran sungainya saja, tetapi pada pelaksanaan Saberpungli kesempatan ini ada semacam Edukasi bagaimana cara memanfaatkan sampah yg kelihatanya tidak berguna agar dapat menjadi sesuatu yang bisa berguna dan menarik serta dapat dimanfaatkan, seperti foto yang ada di bawah ini adalah Hasil Kreasi Sampah Plastik sangat “MENARIK BUKAN”.

Kreasi Limbah Sampah
Contoh Hasil Kreasi dari Pengolahan Limbah Sampah

” Sampah-sampah yang ada di Sungai satu persatu diambil dan di-masukkan Plastik Sampah atau karung, saat melakukan pembersihan di sungai banyak ditemukan sampah kain, plastik dan ranting pohon kesemuanya tetap di masukkan ke dalam plastik sampah atau karung untuk kebersihan lingkungan, Kemudian sampah tersebut dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berada di Desa Tlekung, namun di sana akan ada tim sendiri yang memilah mana barang yang bisa dimanfaatkan atau tidak” Ujar Koordinator Saber Pungli Herman Aga.

Angkut Sampah
Proses Pengangkutan Sampah menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) desa Tlekung

Di jelaskan bahwa Aksi Saber Pungli pada kesempatan ini selain mengedukasi seperti yang telah di jelaskan sebelum-nya kami juga mengajak masyarakat agar dapat menjaga lingkungannya masing-masing dengan STOP Jangan Membuang Sampah Sembarangan apalagi membuangnya ke Aliran Sungai, Sebab apabila sampah di buang ke aliran sungai yang terdampak dari sampah tersebut bukan hanya lingkungannya sendiri tetapi masyarakat yang ada di sepanjang aliran sungai tersebut akan menanggung dampaknya.

STOP Jangan Buang sampah
STOP Jangan Buang sampah di Sungai

Kita juga berharap mulai saat ini masyarakat tidak mengotori sungai dengan sampah apapun, sebab wilayah kita ini adalah Kota Wisata yang Berbasis AGRO WISATA sehingga wisatawan yang datang akan dapat menikmati pemandangan alam Desa Tulungrejo dengan tidak terganggu oleh bau sampah yang ditimbulkan.

Bersama Menjaga Lingkungan
Bersama SABER PUNGLI Berantas Sampah di mana saja Demi menjaga Kebersihan lingkungan

Semoga Program SABER PUNGLI ini dapat terus dilaksanakan agar dapat menjaga ekologi dan menjaga Ekositem, serta Kelestarian Air dan Sungai. Sehingga Kota Batu betul-betul bersih dari sampah dan tetap jadi Kota Wisata yang “MENDUNIA” aamiin….<..>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here