Kodim 0818-Acara bersih Dusun Pidek Desa Karangduren Kec. Pakisaji Kab. Malang merupakan salah satu kebudayaan lokal dalam dikemas dalam bentuk upacara ritual (Selamatan/kenduri) yang digelar setiap tahunnya oleh warga Desa Karangduren yang berpusat di Dusun Pidek, gelaran tersebut penuh dengan makna dan simbol-simbol budaya pada masyarakatnya serta merupakan tradisi peninggalan nenek moyang yang sampai kini terus dilestarikan.  

Acara ritual bersih Desa/ dusun Karangduren yang sudah turun temurun dilakukan warga Dusun Pidek Desa Karangduren disetiap generasi yang di awali dengan pembacaan Doa dan Tahlil oleh warga dipimpin Toga setempat yang bertempat di Masjid/ Mushola di wilayah Desa Karangduren serta digelarnya pembersihan lingkungan dusun pada pagi harinya dan kegiatan tersebut bertujuan untuk memohon perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa agar wilayahnya terlindung dari dari segala bencana yang akan menimpa Dusun Pidek Desa Karangduren atau sebagai penangkal/ tolak bala, serta memohon kemakmuran dan barokah dari Sang Pencipta, pada hari Minggu (12/01/2020) malam.

Puncak acara bersih Dusun Pidek Desa Karangduren Kec. Pakisaji Kab. Malang dilaksanakan kegiatan Pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Bagas Hadi Guno Carito dengan lakon “ Kikis tunggorono “ yang dimulai pada pukul 20.30 WIB dengan dihadiri antara lain Bpk. Geng Wahyudi selaku Tomas Kec. Pakisaji Kab. Malang, Kades Karangduren Bpk. Sihabur Romli, Babinsa Koramil 0818/ 07 Pakisaji Sertu Supriyanto, Bhabinkamtibmas Karangduren Iptu Yani, Perangkat Desa Karangduren dan Warga Dusun Pidek dan sekitarnya dengan total hadir sekitar 500 orang.

Kepala Desa Karangduren Bapak Bpk. Sihabur Romli mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan dan warga yang hadir pada acara Tradisi bersih Dusun Pidek Desa Karangduren Pakisaji ini, yang mana tradisi ini merupakan warisan peninggalan dari leluhur yang harus diuri-uri dan dilestarikan sampai saat ini, dengan harapan apa yang sudah menjadi budaya Desa Karangduren yang punjernya ada di Dusun Pidek ini dapat terus dilestarikan oleh generasi yang akan datang. “ Upacara tradisi bersih desa merupakan agenda tahunan dengan tujuan untuk melestarikan budaya, sekaligus untuk mempererat silaturahim, persaudaraan, dan guyub rukun dan semuanya adalah berkah dan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa, “ ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan gunungan dari Kepala Desa Karangduren kepada Ki Dalang Bagas Hadi Guno Carito sekaligus pembukaan acara wayang kulit yang di saksikan oleh seluruh hadirin.

Ditempat berbeda Babinsa Koramil 0818/ 07 Pakisaji Sertu Supriyanto mengatakan bahwa melestarikan Budaya lokal seperti Bersih Desa ini merupakan salah satu wujud kita peduli akan Budaya asli daerah yang mana memiliki makna dan simbol-simbol budaya serta pesan moral yang disampaikan kepada masyarakat untuk terus berpedoman kepada Sang Pencipta dan aturan alam, “ Segala aturan yang telah di ciptakan oleh sang Pencipta dan hukum Alam akan terus berdampingan seiring dengan perkembangan jaman, sehingga keseimbangan alam dan kehidupan serta hubungan kepada sang Pencipta, dan sesama manusia harus seimbang jangan berbuat kerusakan alam dan hormati alam niscaya alam akan menghormati kita semua dan mereka akan memberikan yang mereka miliki untuk kita kelola dengan baik,” ujarnya.

” Terima kasih kepada Kepala desa dan perangkat Desa, panitia dan warga masyarakat yang telah mendukung acara Bersih Desa/ Dusun Pidek Karangduren Pakisaji Kab. Malang sehingga dapat berjalan lancar aman dan sukses,”pungkasnya.(Pendim 0818)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here