Kodim 0818-Setiap wilayah memiliki potensi unggulan tersendiri yang menjadi ciri khas dari wilayah tersebut untuk di kenalkan ke luar wilayah dengan berbagai tatanan dan bentuk serta konsep yang dikemas secara apik dan menarik oleh Pemdes dan Stakeholder terkait yang akan menjadikan wilayah tersebut dikenal secara luas dan dapat memberikan kesan “Bagus” serta dapat menjadi Icon bagi Wilayah tersebut untuk meningkatkan Perekonomian dan kesejahteraan bagi warga sekitar. Sebelum hal ini terlaksana, tentunya adanya Proses yang diawali dengan perencanaan, koordinasi, dan kerjasama antar instansi terkait bersama Stakeholder di tingkat Kabupaten guna bersama membentuk sesuatu yang bermanfaat bagi wilayah dengan mengembangkan Potensi unggulan dari wilayah tersebut agar dapat dirasakan baik bagi wilayah tersebut maupun bagi wilayah di sekitarnya.

Seperti yang di lakukan oleh Tim dari Badan Perencanaan Pendapatan Daerah (BAPPEDA) Kab. Malang dipimpin pak Bayu Indrianto dan pak Maryono yang tengah melaksanakan kunjungan ke beberapa wilayah di Kab. Malang terkait Sosialisasi Potensi wilayah yang saat ini berada di Desa Karangpandan yang mana telah di lirik memiliki Potensi unggulan yang perlu di kembangkan secara Maksimal guna mendukung program Pemkab. Malang untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam mengembangkan Potensi Wilayah guna menghasilkan pendapatan daerah guna mendukung pembangunan infrastruktur maupun komponen pendukungnya di seluruh wilayah Kab. Malang, yang mana Kabupaten Malang memiliki Jargon “Heart of Java” sehingga mengedepankan sektor Pariwisata dan faktor pendukung lainnya agar Kab. Malang lebih dikenal lagi di masyarakat luas.

Kunjungan yang di dampingi oleh Camat Pakisaji bpk. Mumuk Hadi M, beserta Staf Kecamatan Pakisaji, Kades Karang pandan bpk. Djumain beserta perangkat Desa, Pendamping Desa tingkat Kec. Malang sdr. Edi, menyempatkan diri berkunjung ke Sanggar Tari Topeng Panji Asmoro Bangun Dsn. Kedungmonggo Desa Karangpandan Pakisaji sekaligus sebagai sentra Pengerajin Topeng Khas Malangan yang sudah di kenal sejak jaman dahulu, dengan didampingi Ketua BPD Karangpandan Bpk. Suroso, bersama Pengurus Sanggar Tari bpk. Handoyo beserta pengerajin topeng lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melihat langsung kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam rangka pengembangan potensi Wisata Tari Topeng Malangan Khas Kedungmonggo dan unsur lainnya yang mendukung pengembangan wisata.

Dalam kunjungan tersebut Kades Karangpandan Bpk. Djumain menyampaikan kepada Tim bahwa Desa Karangpandan yang di dalamnya ada Sanggar Tari Panji Asmoro Bangun sebagai salah satu desa yang memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh wilayah lainnya terutama untuk memajukan di bidang pariwisata juga merupakan pilot project sebagai wujud untuk melestarikan budaya asli jawa khususnya Tari Topeng khas Malangan yang perlu di lestarikan agar dapat di dinikmati generasi muda, ” Dengan keberadaan Sanggar Tari Panji Asmoro Bangun yang ada di Dusun Kedungmonggo Desa Karangpandan yang menjadi Pusat Kesenian Seni Topeng yang telah di kenal sejak jaman dahulu yang sampai saat ini masih Eksis menjadi Sumber Tari Topeng di wilayah Kab. Malang dengan didukung Kerajinan Topeng Khas Malangan yang menjadikan Seni Topeng tetap di kenal sampai masyarakat luas, ” ungkapnya.

“Selain Tari Topeng itu sendiri dan produk turunannya seperti Topeng kayu tersebut, ada beberapa potensi pendukung yang bisa menjadi penyokong dalam pengembangan Pariwisata agar satu sama lainnya dapat saling mendukung sehingga Potensi wilayah akan menjadi lebih berkembang, ” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Tim bersama Camat dan saling berkomunikasi dengan pelaku seni bersama pengerajin Topeng dalam mengembangkan Potensi Wisata Seni Tari Topeng di Desa Karangpandan bersama pendukungnya agar menjadi Desa Wisata yang dapat meningkatkan Kesejahteraan bagi warga sekitar Desa Karangpandan.

Babinsa
Babinsa mendampingi Kunjungan Tim Bappeda di Desa Karangpandan

Babinsa Desa Karangpandan Serma Budi Nugraha disaat mendampingi Kunjungan Tim BAPPEDA mengatakan bahwa ” Perlunya masukan dari setiap desa oleh perangkat Desa di wilayah yang menjadi kunjungan sebagai bahan masukkan kepada Tim dalam Memperkenalkan potensi wilayah yang menjadi unggulan wilayah Desa Karangpandan yang memiliki Sanggar Tari Topeng khas Malangan yang menjadi pusat Kesenian di Malang Raya yang sudah di kenal sejak jaman dahulu, dan perlunya untuk terus mengembangkannya agar dapat mendukung Program Pemerintah di bidang Pariwisata sehingga dapat meningkatkan perekonomian bagi warga sekitarnya, ” pungkas Babinsa.

Pada saat tersebut juga Tim berkesempatan untuk meninjau Sumber mata Air Desa Karangpandan yang terletak di bantaran Kali Metro Kec. Pakisaji Malang yang menjadi salah satu mata air yang di gunakan warga setempat untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari – hari.(Pendim 0818)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here