Kodim 0818-Kunjungan Tim Penilai Lomba Binter TNI AD TA. 2019 ke Kodim 0818 salah satunya mengunjungi Babinsa Koramil 0818/ 23 Jabung Desa Taji Sertu Heri Purnomo sebagai salah satu Babinsa Teladan Sebagai Motivator Petani Kopi Desa Taji. Wakil Tim Lomba Letkol Inf Suparno dan Mayor Inf S. Darmawan beserta rombongan diterima oleh Danramil 0818/ 23 Jabung Kapten Arh Moch. Salim dan Camat jabung Bpak Hadi Sucipto dan Babinsa Koramil 0818/ 23 Jabung Desa Taji Sertu Heri Purnomo beserta Perangkat Desa Taji pada Selasa (09/07/19).

Sambutan Warga Desa Taji kepada Tim Penilai Binter TNI AD yang mengalungkan bunga oleh Perwakilan anak dari Desa Taji sebagai tanda Wakil Tim penilai diterima menjadi warga Desa Taji.

Tim diterima dan mendapat sambutan hangat penuh humanis oleh masyarakat Desa Taji Kec. Jabung Kab. Malang, sekaligus mendapat pengalungan bunga oleh Perwakilan anak dari Desa Taji sebagai tanda Wakil Tim penilai diterima menjadi warga Desa Taji.

Letkol Inf Suparno mengatakan bahwa ” Kunjungan ini merupakan bentuk perhatian dari TNI melalui babinsa yang telah menggiatkan Pertanian Kopi di Desa Taji yang pernah Mati suri dan kini telah maju dan berkembang pesat dikenal di skala Nasional juga di dunia Internasional,” ungkapnya.

Perbincangan hangat antara Tim dan Babinsa Desa Taji

” Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia yang berada di urutan 4 dunia, sehingga indonesia sangat dikenal di dunia dengan ciri khas kopi yang bermacam-macam jenis dan cita rasa tersendiri, salah satunya Kopi Babinsa yang sudah dikenal di khalayak umum terutama bagi sang pencinta Kopi,” imbuhnya.

Sambutan Letkol Inf Suparno kepada warga dan undangan yang hadir

” Berkat keberhasilan Babinsa Desa Taji Ini, kami sebagai Tim Penilai meninjau ke lapangan atas kiprah serta sepak Terjang dari Babinsa dengan di bantu petani kopi dan warga desa taji yang Nota bene sebagai petani sayuran tapi telah berhasil menjadikan Desa Taji menjadi salah satu destinasi Desa Wisata Edukasi Tanaman Kopi yang sudah dikenal Luas, dan TNI AD bangga kepada dirinya atas keberhasilannya mengelola dan memproduksi Kopi Arabica, Robusta menjadi Kopi babinsa dan pengolahan Teh Cascara asal Desa Taji sebagai Icon dari Desa Wisata yang telah mensejahterakan warga taji hingga seperti sekarang ini,” tandasnya.

Selain itu, Letkol Inf Suparno menyampaikan bahwa Ketua Tim penilai Lomba Kolonel Inf Taufik Sobry mengaku bangga dengan Babinsa Sertu Heri Purnomo, karena mampu mengangkat harkat dan martabat petani kopi Desa Taji. “ Jika semua masyarakat bisa berpikiran seperti bapak Heri, maka masyarakat di Desa Taji bisa sejahtera dan maju,” ulasnya.

Tim Bersama Babinsa dan perangkat Desa Taji



Babinsa Koramil 0818/ 23 Jabung Desa Taji Sertu Heri Purnomo mengatakan bahwa ” Semua ini tidak dapat saya lakukan sendiri namun atas kerjasama dan kerja keras petani Kopi di Desa Taji yang telah berusaha dengan maksimal selama 8 tahun hingga kini hasilnya dapat kita rasakan bersama, dan saya juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan support penuh kepada saya dan Pok tani Kartika Desa Taji sehingga bisa sukses dalam mengelola kopi Desa Taji dari Lereng Gunung Bromo di timur pulau jawa.

“ Harapan kami, dengan adanya bantuan dari semua pihak yang telah menjadikan warga Desa taji beserta kelompok taninya bisa berhasil dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Taji,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut sertu Heri juga memberikan Presentasi tentang Pengolahan tanaman Kopi dari mulai pembibitan sampai dengan proses produksi Kopi Babinsa dan penjualan kepada Tim Penilai serta memberikan Pelatihan bagi mahasiswa yang sedang Studi di Kebun Kopi milik Pok Tani Kartika sebagai tempat Edukasi bagi peneliti dan wisatawan yang berkunjung untuk mempelajari tentang tanaman Kopi Desa Taji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here