Kodim 0818-Budaya Lokal masyarakat desa sampai sekarang masih terus dilestarikan dan terpelihara dengan baik seperti di wilayah Kec. Turen Kab. Malang. Hal tersebut tercermin dalam kegiatan Bersih Desa di yang digelar di Desa Talok dan Desa Gedogkulon Kec. Turen. Budaya Arak – Arakan Tumpeng dan Gunungan dalam Ritual Selamatkan di Punden Pendiri desa merupakan Kearifan Lokal Bangsa Indonesia yang harus tetap lestari sampai kapan pun, pada Pagi ini Senin (23/09/2019).

Babinsa Desa Talok Ikuti Prosesi Bersih Desa bersama 3 Pilar

Dengan bertempat di Daerah Gunung Jati Desa Gedogkulon, Sumber Air Desa Talok dan Kel. Sedayu yang mana Babinsa Koramil 0818/ 14 Turen Desa Talok dan Babinsa Koramil 0818/ 14 Turen Desa Gedogkulon berbaur dengan Perangkat desa masing-masing desa dan warga melaksanakan acara Selamatan di Punden tersebut sebagai wujud Syukur kepada Tuhan YME atas berkah rejeki dan situasi desa yang kondusif sehingga berdampak kepada kemakmuran masyarakat kedua desa tersebut.

Kehadiran Babinsa Desa Talok dan Babinsa Ds. Gedogkulon yang bersinergis dengan Bhabinkamtibmas menambah kesakral acara tersebut dimana warga yang ikut dlm acara tersebut merasa aman dlm melaksanakan Ritual acara.

Babinsa Koramil 0818/ 14 Turen Desa Talok Serka Siswanto menyampaikan bahwa Ritual ini adalah rangkaian Bersih Desa Talok dan sudah merupakan Budaya turun temurun yang tetap terpelihara kelestariannya dan kami sebagai Pembina desa harus memberi Sport atas acara ini sehingga masyarakat yang melaksanakan Ritual selamatan ini merasa aman dan fokus.

Babinsa Bersama 3 Pilar sukseskan Bersih Desa Gedogkulon

Hal senada juga disampaikan oleh Serka Budi Iswanto selaku Babinsa Koramil 0818/ 14 Turen Desa Gedogkulon yang menyampaikan bahwa kearifan Budaya Lokal masyarakat Desa Gedogkulon dapat terpelihara desa baik dan jangan sampai terkikis oleh jaman serta kehadiran kami disini bersama Bhabinkamtimas sebagai wujud Sinergitas TNI – Polri dlm menciptakan rasa aman bagi Warga yang melakukan aktifitas Budaya.

Sementara Acara Ritual Selamatan di Punden Desa ini sendiri menurut Sdr. Supriyono Kades Ds. Gedogkulon dilaksanakan hari ini dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai yang dihadiri oleh Seluruh Perangkat Desa, warga Desa khususnya warga Petani dan didampingi oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai unsur pengaman demi suksesnya acara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here