Kodim 0818-Sebagai wujud kepedulian akan lingkungan hidup dan menjaga kelestarian alam yang ada di sekitar aliran sungai anak Metro Desa/ Kec. Pakisaji Kab. Malang, Kelompok Aktivitas Lingkungan Hidup dan Kelestarian Budaya (Kaliku) menggelar acara Metri Kali yang digelar setiap awal tahun di area Bantaran Sungai Metro Pakisaji Gg. I di Rt. 02/ Rw.01, Desa Pakisaji Kec. Pakisaji Kab. Malang. Jawa Timur, pada Rabu (01/01/2020).

Kegiatan yang menjadi warisan budaya warga Desa Pakisaji yang sudah berlangsung sejak dahulu dan di laksanakan di setiap awal tahun yang dipimpin oleh Tokoh Adat setempat sebagai wujud untuk menjaga kelestarian alam anak Sungai Metro agar terus terpelihara sehingga akan terus di gunakan oleh Anak cucu kita di masa depan. Acara Tasyakuran Metri anak Sungai Metro menjadi kegiatan pembuka di awal tahun yang di ikuti oleh warga RT.02/ RW.01 yang diawali dengan pembacaan Doa dipimpin oleh Tokoh Adat dan diakhiri dengan makan bersama di sepanjang bantaran Sungai anak sungai Metro.

Babinsa Koramil 0818/ 07 Pakisaji Serda Tri Joko P mengatakan bahwa ” Kegiatan Tasyakuran Metri Kali yang digelar di bantaran anak sungai Metro Pakisaji ini sebagai upacara adat untuk menjaga kelestarian alam yang perlu kita jaga sehingga dapat terus di gunakan sampai anak cucu kita kedepannya,”ungkapnya.

” Warisan budaya yang perlu di pertahankan sebagai upaya menjaga lingkungan hidup dan pelesetarian budaya sangat diperlukan agar terus terjaga demi anak cucu kita dan tidak akan tergerus perkembangan budaya modernisasi sehingga adat istiadat kita orang timur akan terjaga kelestariannya, ” pungkasnya.(Pendim 0818)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here