Kodim 0818-Bertempat di Kantor Desa Petungsewu Kec. Wagir Kab. Malang, Babinsa Koramil 0818/ 08 Wagir Desa Petungsewu Serma Hari Budiono, melaksanakan pendampingan Jemput Bola Administrasi Kependudukan di masyarakat dengan tujuan menjaga ketertiban dan keamanan saat melaksanakan Pembuatan Kartu Identitas Penduduk antara lain perekaman data e-KTP, pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), Akte Kelahiran, Akte Kematian, dan Pelayanan Kartu Keluarga (KK) semuanya Gratis yang diselenggarakan oleh Petugas Dinas Kependudukan Disdukcapil Kab. Malang, pada Senin (08/04/19).

Kesempatan ini sangat dimanfaatkan oleh masyarakat walaupun harus antri untuk mendapatkan administrasi secara gratis yang selama ini dirasa cukup sulit oleh masyarakat karena biasanya mereka harus ke Kantor Dispendukcapil Kab. Malang yang berjarak 15 Km untuk pengurusan kartu identitas penduduk. Kegiatan tersebut dimulai pukul 06.00 WIB dan diikuti oleh 274 orang masyarakat di lingkungan setempat yang dilayani oleh tiga orang petugas dari Dinas Kependudukan dan cacatan Sipil (Disdukcapil) dan perangkat Desa Petungsewu membantu proses pembuatan kartu identitas penduduk tersebut.

Pendampingan Babinsa dalam Pembuatan Kartu Identitas Penduduk oleh Dispendukcapil di Desa Petungsewu Wagir

Menyikapi kegiatan tersebut, Danramil 0818/ 08 Wagir Kapten Inf Sunyoto diwakili Babinsa Petungsewu Serma Hari Budiono mengatakan ” Pendampingan warga dalam Pengurusan Kartu Identitas Penduduk tersebut, sebagai upaya dari Dipendukcapil Kab. Malang dalam Program Jemput Bola kepengurusan Kartu Identitas Penduduk, karena identitas diri sangat penting bagi seorang warga negara dalam segala pengurusan administrasi di Negara Indonesia, sehingga Pemda Kab. Malang memfasilitasi kepada masyarakat untuk mendatangi tempat yang sudah di sediakan untuk kepengurusan kartu identitas penduduk secara mudah dan efisien, ungkap Babinsa.

Selain itu warga tidak harus datang beramai-ramai ke Kantor Dispendukcapil di Kepanjen sana namun petugas yang mendatangi di Desa-desa, jelasnya.

Keberadaan Babinsa sendiri merupakan upaya pengamanan dan pendampingan terhadap warganya saat melakukan kegiatan-kegiatan yang ada di desa binaan seperti itu. Babinsa harus selalu ada di tengah-tengah masyarakatnya, karena “ Bersama Rakyat TNI Kuat ”, tegas Babinsa Petungsewu Serma Hari Budiono.

Kegiatan tersebut di hadiri antara lain Bapak Jainul (Kasi Kependudukan), Bapak Bimo ( Kasi Pencatatan Sipil), Ibu Deni (Kasi Piak), Kades Petungsewu, Bapak Hariyadi (Kasi Trantib Kec. Wagir), Babinsa Koramil 0818/ 08 Wagir Desa Petungsewu Serma Hari Budiono, Bhabinkamtibmas Desa Petungsewu Aiptu Aspinandi, Perangkat Desa Petungsewu dan warga Desa Petungsewu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here