Kodim 0818-Dalam upaya untuk mengurangi jumlah pengangguran dan kesenjangan ekonomi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan ( Disperindag ) melalui Staf Seksi Industri Olahan Makanan Disperindag Kab. Malang menggelar pembinaan dan pelatihan keterampilan kerja bagi Tenaga Kerja dan Masyarakat Desa Rejosari Kec. Bantur Kab. Malang. Kegiatan Pelatihan yang digelar di Balai Desa Rejosari Kec. Bantur dengan Materi Pelatihan antara lain pembuatan jamur crispy, kripik pisang crystal, kripik singkong gadung, aneka minuman sari buah dan empon-empon yang dilaksanakan selama 3 hari dimulai hari ini Rabu-Jumat (11-13/09/19).

Peserta Pelatihan Keterampilan yang di gelar oleh Disperindag Kab. Malang di Balai Desa Rejosari Kec. Bantur

Sambutan Kepala Desa Rejosari Bpk. Juri menyampaikan Ucapan Terima Kasih kepada Disperidag Kab. Malang yang telah memilih Desa Rejosari sebagai tempat pelatihan kerja dan merasa sangat gembira karena program pelatihan ini sangat jarang di selenggarakan di tingkat desa, sehingga saya meminta kepada peserta untuk serius dan fahami tentang materi pelatihan yang diberikan oleh Narasumber agar kedepannya setiap Keluarga dapat secara berkelompok untuk membentuk UKM dan mengembangkan usahanya ke luar Desa Rejosari, ” Pelatihan ini di gelar oleh Disperindag Kab. Malang sebagai upaya untuk mengoptimalkan Kemampuan masyarakat desa untuk mengembangkan usaha di desanya melalui UKM yang dikelola oleh BUMDes agar Desa Rejosari dapat semakin Sejahtera dan meningkat perekonomiannya, ” ungkapnya.

Warga dalam mengikuti Pelatihan dan Pembekalan sangat bersemangat dan antusias karena kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasi Industri Olahan Makanan Disperindag Kab. Malang Ibu Ida Zuliana.

Antusias warga mengikuti pelatihan Keterampilan di Balai Desa Rejosari

Sambutan dari Kasi Industri Olahan Makanan Disperindag Kab. Malang Ibu Ida Zuliana menyampaikan Terima kasih kepada Kades Rejosari telah memberikan Apresiasinya kepada kami sebagai penyelenggara pelatihan ini, “ Sebagai desa yang sangat memerlukan sentuhan pemerintah terutama dari Dinas Perindag Kab. Malang, dengan di gelarnya program pelatihan ini harapan kedepan untuk desa ini bisa memunculkan sumber daya manusia yang produktif dan mandiri tanpa harus kerja keluar negeri, dengan melihat potensi masyarakat di Desa Rejosari ini saya yakin warga di desa ini bisa mandiri.” ungkap Ibu Ida Zuliana.

“ Saya yakin masyarakat Desa Rejosari kedepannya dapat berkembang dalam segi ekonomi, sejahtera, dan mandiri dan bisa mengurangi angka calon TKI keluar negeri supaya bisa maksimal untuk bekerja dirumah sendiri bersama keluarga, dan di desa ini banyak potensi yang bisa diunggulkan terutama dari segi sumber daya manusianya, saya berharap program ini tidak putus sampai disini. semoga saja bisa berkelanjutan untuk desa-desa yang lain, agar bisa memperkecil niat mereka untuk kerja diluar negeri,” ujar Ibu Ida.

Peserta memperhatikan pelatihan Keterampilan yang di sampaikan Oleh narasumber

Sambutan Camat Bantur sekaligus Peresmian Pembukaan Pelatihan yang disampaikan oleh Sekcam Bantur H. Sugeng S.Pd, M.Pd, ” Semoga Pelaksanaan Pelatihan ini dapat bermanfaat bagi seluruh Peserta dan juga bagi Warga Rejosari agar dapat terus mengembangkan keterampilan yang telah diperolehnya untuk meningkatkan perekonomian Keluarga dan kesejahteraan warga Desa Rejosari Kec. Bantur yang kita Cintai ini, ” imbuh Sekcam Bantur.

Di sela-sela kegiatan Babinsa Koramil 0818/ 12 Bantur Desa Rejosari Serda Untung Subagyo menyambut baik pelaksanaan Pelatihan dan Pembekalan kepada warga Desa Rejosari ” Semoga dengan Pelatihan keterampilan dari Disperindag Kab. Malang ini dapat menjadikan modal dasar bagi Peserta untuk belajar mengembangkan potensi usaha di Desa Rejosari dibawah binaan BUMDes sehingga bila itu telah berhasil Perekonomian dan kesejahteraan di Desa Rejosari dapat meningkat selain sektor pertanian yang kita andalkan dapat meningkat pula, semuanya perlu sinergitas antara warga, pemdes dan Disperidag untuka bersama-sama meningkatkan taraf hidup kesejahteraan rakyat Desa Rejosari Kec. Bantur, ” ulasnya.

” Dalam waktu 3 hari ini saya akan terus memantau pelaksanaan pelatihan ini serta perkembangan kedepan terkait pelatihan ini. kami bersama perangkat Desa Rejosari selaku pendamping desa berharap jangan sampai bantuan yang berupa alat-alat yang semuanya gratis ini tidak digunakan secara maksimal dalam penggunaanya, karena bantuan ini sifatnya hibah jadi tidak ada yang namanya administrasi, sehingga kepemilikan alat alat tersebut sepenuhnya adalah masyarakat, jadi siapapun boleh memanfaatkan alat tersebut selama untuk kepentingan bersama, ” pungkasnya.

Kegiatan yang dihadiri antara lain Kasi Industri Olahan Makanan Disperindag Kab. Malang Ibu Ida Zuliana, Camat Bantur yang diwakili oleh Sekcam Bantur Bapak H. Sugeng S.Pd., M.Pd., Kades Rejosari Bpk. Juri, Babinsa Koramil 0818/ 12 Bantur Desa Rejosari Serda Untung Subagyo, Kepala Dinas UPT Pertanian Kec. Bantur Ibu Sri Agustini, Perangkat Desa Rejosari, anggota Staf Seksi Industri Olahan Makanan Disperindag Kab. Malang dan 10 orang Narasumber beserta 40 orang Peserta Tenaga Kerja dan Masyarakat Desa Rejosari dan Desa Wonokerto Kec. Bantur Kab. Malang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here