Kodim 0818-Babinsa Koramil 0818/ 06 Sumberpucung Desa Sumberpucung Sertu Nursalim melaksanakan kegiatan monitoring di Stasiun Sumberpucung jelang pelaksanaan arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2019, yang disambut oleh Kepala Stasiun Sumberpucung Bpk. Bahar, pada Senin (27/05/19).

Kepala Stasiun Sumberpucung menyampaikan untuk Tiket Lebaran sudah habis terjual dan sampai saat ini harga tiket masih stabil sekitar Rp. 15.000 untuk kereta jurusan Malang – Surabaya, untuk lonjakan penumpang diperkirakan akan mulai terlihat pada hari H – 3 mendatang, ungkapnya.

Babinsa Koramil 0818/ 06 Sumberpucung meninjau Stasiun Sumberpucung jelang Lebaran 1440 H

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, Kepala Stasiun Sumberpucung menyampaikan bahwa pihaknya sudah menyiapkan semuanya sarana dan prasarana baik dari segi keamanan maupun kesehatan, diharapkan dengan fasilitas tersebut masyarakat bisa mudik dengan tenang dan lancar, ujarnya.

Bapak Bahar juga menambahkan, pengecekan kepada Alkom dan jalur Rel di sekitar Stasiun tersebut tidak hanya dilakukan kali ini saja. Namun juga dilakukan secara rutin sampai arus mudik dan balik lebaran tahun ini selesai, “ Kami juga lakukan secara rutin, tahap pengecekan selanjutnya akan bekerjasama dengan PT Kereta Api (PT KAI) Daerah Operasional VIII (Daop 8 Surabaya), ” tandasnya.

Sertu Nursalim menambahkan, hasil pengecekan Alkom dan penyisiran di sejumlah jalur rel tidak menemukan hal atau barang yang mencurigakan. “ Bantalan rel sampai saat ini semua masih dalam kondisi bagus, kami juga tidak menemukan barang berbahaya di atas rel seperti paku, kayu balok dan batu. Sampai saat ini jalur rel di wilayah hukum kami masih aman terkendali,” pungkasnya.


Suasana di Stasiun Sumberpucung masih landai sebelum lebaran 1440 H

Babinsa Koramil 0818/ 06 Sumberpucung Desa Sumberpucung Sertu Nursalim di saat melaksanakan Peninjauan dimulai dari alat komunikasi dan perlintasan rel kereta yang merupakan rangkaian persiapan pengamanan arus mudik dan balik Tahun 2019. ” Pengecekan ini guna mengantisipasi adanya gangguan alat komunikasi dan keamanan di jalur kereta api pada arus mudik dan balik pada lebaran tahun ini,” tutur Sertu Nursalim di Ruang kendali Stasiun KA Sumberpucung.

Sertu Nursalim mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan langkah dini untuk mendeteksi manakala ada sabotase atau hal lain yang menyangkut keamanan masyarakat. “ Upaya langkah dini ini kami lakukan agar bisa cepat mengetahui kalau ada hal yang mengganggu keamanan dan kelancaran masyarakat, khususnya yang menggunakan jasa transportasi kereta api, ” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here