Babinsa Toyomarto Kawal pembagian Program Jalin Matra

Babinsa Singosari

Kodim 0818-Kali ini giliran Desa Toyomarto Kecamatan Singosari yang menerima Program Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sebanyak 79 KK warga yang kurang mampu di Desa Toyomarto pada hari Rabu (12/09/2018) menerima bantuan secara cuma-cuma alias gratis.

Koramil Singosari
Babinsa Kawal Program Jalin Matra Desa Toyomarto

Program Jalin Matra PFK ini diberikan kepada Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP) yang didominasi para Janda sebagai Tulang punggung keluarga. Bertempat di Balai Desa Toyomarto, kegiatan bagi-bagi Bantuan Sosial ini khususkan bagi warga yang mau dan akan membuka usaha kecil-kecilan. Setelah melalui tahap pendataan secara akurat yang dilaksanakan oleh TIM Jalin Matra , Pemerintah Desa, BPD Desa Toyomarto.

Agar tepat sasaran dan berdaya guna.

Bila di nominalkan masing masing KK mendapatkan bantuan barang senilai Rp 2.500.000. Bentuk bantuan yang disalurkan Jalin Matra ini berupa Bantuan usaha produktif yang paling utama dan sesuai dengan permintaan KRTP seperti bahan-bahan sembako, kompor gas, meja, wajan, tabung elpiji dan minyak goreng.

Program Kemensos RI
79 KK warga kurang mampu menerima bantuan untuk usaha

Bantuan ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian KRTP, tentunya harus tepat sasaran dan tepat manfaat dan desa benar-benar merealisasikan bantuan sesuai peruntukannya,” tutur Kades Desa Toyomarto (Bpk Muh Nari). Pemerintah Desa dan BPD Desa Toyomarto tidak main-main dengan bantuan ini.

Karena bantuan ini adalah hak KPRT miskin.

Dan saya tidak akan memberi toleransi kepada siapapun yang main-main dengan program ini. Apalagi sampai ada kong-kalikong sehingga nanti setelah pekerjaan selesai urusan juga selesai,” ucap Bapak Jatmiko (Ketua Sekretariat Jalin Matra Desa Toyomarto).

Apalagi disini ada Babinsa Toyomarto (Serma Derrys A) yang mulai awal perencanaan, pendataan hingga saat ini pelaksanaan selalu memantau dan mengawasi kami.

Jatmiko menambahkan pihak pendamping Jalin Matra akan selalu memonitoring dan mengevaluasi program ini secara berkala. Agar nantinya bisa dijadikan bahan temuan dan evaluasi untuk menentukan kebijakan dan prioritas bagi penerima kelanjutan program ini.

“Mudah-mudahan bermanfaat, dapat mandiri secara ekonomi dan sejahtera”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here