Kodim 0818– Demi menjalin kebersamaan dan berbagi dengan sesama manusia di Bulan Suci Ramadhan 1440 H/ 2019 M, Anggota Pramuka Saka Wira Kartika Binaan Koramil 0818/ 27 Lawang menggelar kegiatan Bagi-bagi Takjil menjelang Buka Puasa pada hari Sabtu (25/05/19).

Kegiatan Baksos SWK Lawang

Sesuai dengan salah satu hadist Rosullah Nabi Muhammad SAW ” Agama menganjurkan orang yang berpuasa untuk berbagi makanan atau minuman kepada sesamanya,” Itulah yang dilakukan oleh anggota Saka Wira Kartika Binaan Koramil 0818/ 27 Lawang. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajak anggota Saka Wira Kartika untuk lebih memaknai arti dari Ramadhan dengan kepedulian terhadap sesama yang berada di lingkungan sekitar.

Kegiatan Baksos SWK Lawang

Sebelum kegiatan berlangsung Pamong Saka SWK 27 Sertu Buang Pujiono menyampaikan bahwa ” Moment ini di harapkan menjadi ajang untuk meningkatkan rasa kepeduliaan dengan sesama bagi Anggota Pramuka serta meningkatkan Kerjasama Team antar anggota Pramuka untuk dapat menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat serta menempati Dasa dharma,” ungkap Sertu Buang. Untuk harapan kedepannya, lanjut Sertu Buang mengatakan ” Agar kegiatan bakti sosial kemasyarakatan perlu untuk di pertahankan dan di tingkatkan demi menumbuhkan jiwa sosial dan rasa kemanusiaan bagi sesama dan hendaknya kegiatan kepedulian seperti ini di laksanakan juga pada momen dan kesempatan yang lainnya, ” pungkas Pamong Saka SWK 27.

Dimulai pukul 16.00 WIB hingga menjelang adzan maghrib merupakan waktu yang sangat singkat bagi mereka hari ini, dengan senyum mengembang dari bibir mereka saat tangan membagikan takjil ketika menjelang buka puasa Ramadhan, di kala terlihat keramaian di depan Koramil 0818/ 27 Lawang dengan mengenakan seragam pramuka lengkap sebagai kebanggaan anggota Saka Wira Kartika turun ke jalan untuk membagikan takjil secara gratis kepada pengguna jalan yang melintas di jalan raya Thamrin Lawang, baik bagi pengendara motor, angkot maupun pejalan kaki. Kegiatan yang dikoordinir oleh Kak Kirana Zahrani menyiapkan 120 paket takjil yang didukung oleh senior serta dengan didampingi langsung oleh Pamong Saka SWK 27 Sertu Buang Pujiono dan Sertu Heri S.T. dan di laksanakan oleh 23 orang anggota SWK 27.

Koordinator kegiatan sore itu adalah Kak Kirana Zahrani menyampaikan bahwa ” Kegiatan Bagi-bagi takjil ini sebagai Refleksi dari makna Bulan Suci Ramadhan 1440 H untuk peduli kepada masyarakat sekitarnya,” ujarnya.

” Diharapkan dapat menambah nilai positif pada bulan suci ini, semoga anggota tidak malu untuk berbagi sekaligus sebagai sarana silaturahmi kepada masyarakat, ” imbuhnya.

Penanggung jawab kegiatan ini Kak Roni menyampaikan bahwa ” Bulan Suci Ramadhan merupakan kesempatan terindah untuk saling berbagai dengan sesama sebagai Antusias anggota terlihat sangat luar biasa, begitu semangat dan ceria dalam membagi takjil kepada masyarakat. ” ucapnya.

Pada kegiatan tersebut ada kunjungan dari perwakilan SWK Kodim 0821/ Lumajang, Kak Lukman Harun dan Kak M. Miftachul Huda yang datang untuk membantu kegiatan tersebut sebagai wujud dari Pramuka adalah bersaudara, yang sesuai kata pepatah Berat sama di pikul ringan sama di jinjing yang Melangkah Bersama Membangun Semangat Berbagi Terhadap Sesama demi NKRI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here