Kodim 0818-Pelaksanaan Program Rutilahu (Rumah Tinggal Layak Huni) yang digagas oleh Gubernur Jatim Ibu Hj. Khofifah Indar Parawangsa mendapat sambutan Positif dari berbagai pihak, yang menyasar bagi warga kurang mampu di seluruh wilayah Jawa Timur. Dalam pelaksanaan di lapangan Pemda setempat bekerja sama dengan Satuan Komando Teritorial (Satkoter) setempat antara lain Kodim dan Koramil sehingga program tersebut berjalan sesuai dengan rencana dan tepat sasaran, pada hari Rabu (27/11/19).

bedah rumah
Pembangunan Rumah warga Kurang mampu dalam program Rutilahu

Salah satu pelaksana Kegiatan RUTILAHU di wilayah Kab. Malang-Batu yakni digelar di wilayah Kecamatan Ngantang Kab. Malang yang di dahului dengan digelarnya Rapat Koordinasi (Rakor) yang dilaksanakan di Aula Desa Kaumrejo Kec. Ngantang Kab. Malang, yang dihadiri Danramil 0818/ 04 Ngantang Kapten Arm Heru Santoso, Camat Ngantang Drs. Eru Suprijambodo, yang di awali dengan pendataan di wilayah jajaran yang di lakukan oleh Danramil 0818/ 04 Ngantang bersama seluruh Babinsa termasuk dari pihak Kecamatan Ngantang dengan mengajak Kepala Desa jajaran untuk melaksanakan koordinasi serta pendataan warga yang akan berhak untuk menjadikan rumahnya dalam Program RUTILAHU.

babinsa
Gotong-royong bangun Rumah warga Kurang mampu

Pada awal rapat koordinasi Danramil 0818/ 04 Ngantang Kapten Arm Heru Santoso menyampaikan bahwa ” Kehadiran kami dalam kegiatan tersebut adalah sebagai wujud pengentasan kemiskinan serta kepedulian dari Koramil selaku Satu Komando Teritorial untuk mengatasi kesulitan Rakyat disekelilingnya, program RUTILAHU ini dilaksanakan bersama masyarakat, Koramil Ngantang, Perangkat Pemerintahan serta warga lainnya dengan cara saling bergotong-royong membangun rumah warga yang tidak mampu yang diharapkan setelah diperbaiki akan lebih bermanfaat dan layak dihuni bersama keluarga yang terhindar dari cuaca panas serta hujan, ” ujarnya.

Setelah rakor ini kita bersama-sama akan mendata warga yang akan menerima Program tersebut serta saling memonitor dalam pelaksanaannya agar tepat sasaran dan dapat berjalan sesuai dengan rencana, sesuai dengan jadwal pada pertengahan Bulan Desember akan diadakan Acara pemberian Kunci Rumah secara simbolis oleh Gubernur Jatim Ibu Khofifah kepada perwakilan penerima program di seluruh wilayah Jatim, tambahnya.

Pelaksanaan Program Rutilahu berjalan mulai awal bulan Nopember sampai dengan akhir bulan Desember 2019, dengan seluruh bahan Material sampai dengan tenaga pengerjaannya di dukung oleh TNI, aparat pemerintah dan warga sekitar untuk sukseskan pelaksanaan Rutilahu di wilayahnya guna mensejahterakan rakyat yang kurang mampu, sesuai dengan program Gubernur Jatim.(Pendim 0818)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here