Kodim 0818-Dandim 0818 Letkol Inf H. Ferry Muzawwad S.IP bersama Jajaran Forkopimda Kab. Malang dan Staf OPD Kab. Malang menerima Kunjungan kerja dari Staf Kemenko Polhukam RI dalam rangka Pemantapan dan koordinasi kerja dan pengendalian memperteguh Kebhinekaan di wilayah Malang Raya, pada hari Kamis (30/01/2020).

Dengan bertempat di Ruang Pringgitan Kantor Pemkab. Malang Jl. KH. Agus Salim No.7 Kec. Klojen Kota Malang, Tim dari Staf Kemenko Polhukam RI yang berjumlah 5 orang yang diketuai oleh Ka Kesbang Kemenko Polhukam Drs. Safi. M.Si, selaku Asdep 2/VI, Anggota Kesbang Kemenko Polhukam Brigjen TNI (Mar) Agus Sulistyo, selaku Asdep 3/VI, Kolonel Inf Eko Budi Setiyo, S.IP, selaku Kabid 2.3/VI, Kombes Pol Drs. Sutekad Mujiraharjo S.H.,M.H. selaku Kabid I.I/VI, Bpk. Fajar Adi Purnomo Selaku Anggota Staf Deputi VI/Kesbang Kemenko Polhukam.

Dalam pertemuan tersebut Ketua Tim dari Kesbang Kemenko Polhukam RI Drs. Safi, M.Si memberikan sambutan yang intinya menyampaikan perihal Pentingnya menjaga hubungan yang harmonis antar pimpinan didaerah terkait dengan suasana politik yang banyak menyorot hubungan keagamaan ditengah tengah masyarakat, dalam hal ini 12 Kementrian telah menandatangani SKB terkait penanganan Radikalisme kemudian akan dilakukan komunikasi lanjutan untuk mensukseskan acara tersebut. ” Acara penanganan Radikalisme yang rencananya akan digelar diwilayah Kab. Malang, dengan tempat dan waktu akan menyesuaikan dengan survei kami dilapangan serta menyesuaikan kegiatan Kemenko Polhukam RI, ” ungkapnya.

Selanjutnya, acara tersebut di kemas dengan kegiatan Kebhinekaan berupa sosialisasi dan talk show dengan narasumber dari Jakarta dan tokoh- tokoh dari wilayah Malang Raya. ” Acara tersebut akan disampaikan tentang Deradikalisasi dan penguatan Kebhinekaan bangsa,” jelasnya.

Dandim 0818 terima Kunjungan Tim dari Staf Kemenkopolhukam RI di Pendopo Kab. Malang bersama Forkopomda Kab. Malang

Bupati Malang Drs. HM Sanusi MM menyampaikan tentang Tujuan pokok dalam kunjungan kerja dari Tim akan di bantu dengan segala kebutuhan yang diperlukan oleh Staf Kemenko Polhukam RI, Keharmonisan unsur pimpinan di Kab. Malang sangat baik yang mana setiap 3 bulan sekali, di Pendopo Kab. Malang di Kepanjen selalu melakukan sosialisasi terkait bahaya Radikalisme, sehingga Radikalisme tersebut tidak berkembang diwilayah Kab. Malang.” Kami juga berdayakan para Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam upaya untuk mencegah gejolak masyarakat yang akan terjadi diwilayah dan dalam penanganan bencana di wilayah, ” ulasnya.

Kemudian terkait dengan teknis pelaksanaan kegiatan Kebhinekaan yang akan digelar di wilayah Kab. Malang, ” Kami akan menyesuaikan dengan program dari Kemenko Polhukam RI dan kami sebagai unsur Forpimda Kab. Malang akan selalu mendukung dan membantu dalam pelaksaannya mendatang,” imbuhnya.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung menyampaikan bahwa di wilayah Kab. Malang kami telah merangkul seluruh ormas keagamaan mulai dari pucuk pimpinan hingga pengurus ranting, Kami berharap acara tersebut dalam bentuk TOT yang melibatkan seluruh Babinsa, Babinkamtibmas dan Kades se-Kab. Malang atau 3Pilar tingkat Muspika. ” Kami akan selalu mendukung kegiatan tersebut agar dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta kami juga telah menggunakan aswaja center dalam mengajarkan ngaji via medsos untuk menghandle acara penyebaran agama yang tidak sesuai dengan ajaran/ terkait dengan garis keras, ” tegasnya.

Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzawwad S.IP menyampaikan Sepanjang Tahun 2019-2020 ini seluruh wilayah di Kab. Malang-Batu masih dalam Kondusif, karena kami selaku Komando kewilayahan sering menggelar sosialisasi tentang Wawasan kebangsaan terkait bahaya Radikalisme kepada generasi muda di wilayah, termasuk peran serta Babinsa, Bhabinkamtibmas serta perangkat desa saling bersinergi ditingkat bawah demi menjaga Stabilitas Keamanan wilayah agar tetap Kondusif. ” Peran serta dari 3 pilar ditingkat Muspika menjadi pondasi bagi aparat Kewilayahan dalam menjaga Stabilitas keamanan bersama dengan memberdayakan peran serta dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas dengan memberikan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Cegah Faham Radikalisme kepada Generasi Muda menjadikan mereka memiliki tameng untuk mencegah faham Radikalisme berkembang di wilayah binaannya, ” ujar Dandim.

” Selain itu sinergitas dari 3 Pilar Kab. Malang menjadikan faktor pendukung untuk mensukseskan Wawasan Nusantara cegah Faham Radikalisme berkembang di Indonesia khususnya di Kab. Malang,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari Staf Kemenko Polhukam RI kepada Forkopimda Kab. Malang dan kemudian Tim meninggalkan Pendopo Kab. Malang, selanjutnya menuju Pemkot Malang Jl. Tugu Kec. Klojen Kota Malang.(Pendim 0818)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here