Kunjungan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) ke Wilayah Kab. Malang dalam rangka pemberian bantuan Dana kepada BUMDes yang ada di wilayah Kab. Malang, bertempat di Pendopo Kab. Malang jalan KH. Agus Salim 7, Klojen, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, pada hari Jumat (08/03/19).

Dalam Kunjungannya Mentri Desa dan PDTT Bapak Eko Putro Sandjojo ingin mendorong produk-produk yang telah dikoordinir dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk bisa langsung ekspor.

Pengarahan dari Mentri Desa dan PDTT bapak
Eko Putro Sandjojo

” Target di tiap provinsi ada BUMDes yang bisa siap ekspor. Sehingga bisa menjadi tempat belajar dari BUMDes yang lainnya, yang paling penting adalah membangun kesadaran kepada pemerintah daerah bahwa ekspor itu tidak susah, asal ada yang membimbing, salah satunya kerjasama dengan Agen Alibaba yang bergerak di bidang Expor import barang,” ujarnya dalam arahannya.

Lanjutnya, Kemendes PDTT telah memiliki program tentang bagaimana membimbing pemerintah daerah untuk mendorong BUMDes yang ada di wilayahnya agar hasil produksinya di desanya itu bisa langsung ekspor. Dia berharap peran BUMDes menjadi sangat penting di wilayah nya karena untuk konsolidasi produk supaya skala ekonominya bisa diterima, ungkapnya.

Dalam mewujudkan hal tersebut, Kemendes PDTT bekerjasama dengan ATT (Anugrah Tangkas Transportindo) Group Alibaba Indonesia untuk ikut memfasililtasi mulai dari dokumen, supervisi produk, kualitas, dan sistem pembayaran, juga termasuk kepengurusan logistik untuk pengangkutannya dari wilayah ke tempat penyimpanan dan pelaksanaan exportnya di Jakarta.

Dirinya menjelaskan bahwa peran pemerintah dalam hal ini Kemendes PDTT sebagai yang menciptakan ekosistem bagaimana memfasilitasi dan mempertemukan antara eksportir dan pemerintah daerah dan masyarakat. Tetapi kalau mereka ada beberapa hal yang dibutuhkan seperti pelatihan akan siapkan, bantuan alat-alat pasca panen juga disiapkan. Jadi artinya peran Ditjen PDT di bawah Kemendes PDTT memfasilitasi bahwa proses ini bisa terjadi, jelasnya.

Forkopinda Kab. Malang menghadiri Acara Kunjungan dari Kemendes PDTT di Pendopo Kab. Malang

Saat ini ada sekitar 30 Kabupaten yang sudah disiapkan dan siapa yang siap duluan itu yang akan dipraktekan.” Yang sudah jalan perikanan seperti kepiting, rajungan di Kab. Konawe Sulteng dan di ekspor ke Hongkong. Kita sudah coba kepiting di Sulawesi Tengah dan berharap ada produk-produk lain seperti esensial oil avocado, tepung pisang, dan lain-lain, pungkasnya.

Di kesempatan lain Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzawwad S.I.P memberikan Apresiasi tentang Kunjungan dari Kemendes PDTT yang telah mendorong bagi BUMDes untuk dapat mengembangkan usahanya di wilayahnya dan dapat mengexport ke luar negeri untuk mengenal-kan hasil olahannya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi BUMDes di Kab. Malang.

Dandim 0818 berkesempatan memberikan bantuan Dana dari Kemendes kepada Perwakilan BUMDes
 

” Kebangkitan BUMDes di wilayah Kab. Malang akan membawa dampak yang Positif bagi Peningkatan Ekonomi Daerah dan juga kesejahteraan bagi anggota BUMDes, apalagi bila hasil dari BUMDes tersebut dapat menjadi Komoditi Export bersama dengan Kabupaten lain di Indonesia Pasti akan lebih meningkatkan Perekonomian baik di sektor Perdagangan juga di Pariwisata, imbuhnya.

Sehingga saya berharap BUMDes yang sudah terpilih akan meningkat -kan usahanya untuk bersaing secara sehat agar hasil pengolahannya dapat menjadi Komoditi Export yang berasal dari Kab. Malang, pungkasnya.

Dalam acara tersebut Kemendes PDTT memberikan bantuan dana Pengembangan Usaha BUMDes di wilayah Kab. Malang kepada perwakilan BUMDes yang sudah terpilih dan Dandim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu turut memberikan Bantuan Dana kepada salah satu perwakilan BUMDes di wilayah Kab. Malang bersama Forkopinda Kab. Malang.

Semoga dengan pemberian bantuan dana dari Kemendes PDTT akan membawa angin segar kepada pengusaha kecil di daerah yang dikelola oleh BUMDes agar meningkatkan Usahanya menjadi lebih baik lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here