Kodim 0818-Di era otonomi daerah, program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di tingkat Kabupaten/ Kota memang menjadi kewenangan daerah bahkan menjadi urusan wajib sesuai dengan amanat PP No. 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Oleh sebab itu, daerah memiliki keleluasaan untuk mengembangkan program KKBPK ini agar lebih berhasil dan bermanfaat bagi orang banyak.

Penjelasan tersebut disampaikan oleh Camat Pakisaji Bapak Indra Gunawan dalam sambutannya pada acara Mini Lokakarya Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Desa Jetisari Kec. Pakisaji sebagai Kampung KB yang bertempat di Kantor Kecamatan Pakisaji Kab. Malang pada hari Kamis (29/11/18).

rapat lintas sektoral
Danramil 0818/07 Kapten Czi menghadiri Minilokarya di Kec. Pakisaji

Indra Gunawan menegaskan bahwa dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Manuasia (IPM) program Keluarga Berencana (KB) sangat penting, dulu orang tua kita bilang “ Banyak Anak Banyak Rejeki” iya kalau dari segi ekonomi keluarga itu tergolong keluarga mampu, kalau tidak maka akan sangat mempengaruhi kualitas kehidupan keluarga tersebut. Selain itu juga harapannya adalah segala jenis kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya bersifat seremonial saja tapi ada tindak lanjut yang nyata, ungkapnya.

Dia juga mengapresiasi Kepala Desa Jetisari Bapak Sueb atas kerja nyatanya yang tidak hanya melaksanakan kegiatan fisik semata namun kegiatan non fisiknya juga berjalan. Dalam kegiatan lokakarya ini Kepala Desa Jetisari Bapak Sueb bertugas mencari sosok kepengurusan secara selektif tujuannya yaitu bahwa orang – orang yang dipilih nanti adalah orang pilihan yang bisa bekerja sesuai bidang dan keahliannya.

“Yang saya inginkan adalah setelah terbentuknya kepengurusan ini, program kerja dapat berjalan dengan baik. Tidak hanya kegiatan-kegiatan ceremonial saja, tidak ada kerja nyatanya”, tandas Sueb,

Danramil 0818/ 07 Pakisaji Kapten Czi Widagdo mengatakan “Dengan adanya kegiatan ini, dapat menunjang program Kampung KB agar lebih bermanfaat dan terencana dalam pembangunan di Desa Jatisari,” ujarnya.

“Paling juga saat ini adalah agar kita turut bersama-sama untuk mensukseskan Pilkada 2019,” katanya, berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak dan kemajuan bagi masyarakat, bukan hanya dalam bentuk ekonomi.

Hadir Dalam kegiatan Minilokakarya antara lain Camat Pakisaji Bapak Indra Gunawan dan staf, Danramil 0818/ 07 Pakisaji Kapten Czi Widagdo, Kapolsek Pakisaji AKP Novian, Koordinator Wil PLKB Bapak Murdiono dan staf, Staf Puskesmas Pakisaji Dr. Bambang Budi Prasatya, Ka UPTBP Pertanian Bapak Sutrimo dan staf, Mantri Tani Kec. Pakisaji Bapak Edi, Dinas Perikanan Bapak Rizal, Dinas Peternakan Bapak Rendi, Kades Jatisari Bapak Sueb, Kader PLKB, Koorwil UPT Diknas Bapak A. Fauzi.

rapat kesehatan
Minilokakarya yang di hadiri oleh Muspika Kec. Pakisaji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here