Kodim 0818-Masih dalam Rangkaian Kegiatan Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) XV yang di gelar di Stadion Tumpang, yang di buka oleh Sekda Jatim Bapak Heru Tjahyono Jumat malam (06/09/19) kemarin malam. Berbagai pertunjukan Tarian di tampilkan kepada para hadirin dan Tamu undangan, mereka terpukau dan terpesona akan Keindahan budaya Indonesia Khususnya di Jawatimur yang di kemas dalam kegiatan Festival Kesenian Kawasan Selatan yang tahun 2019 ini digelar di Kab. Malang. Pada hari ini adalah kelanjutan dari pelaksanaan FKKS XV, Sabtu (07/09/19).

Setelah kemarin Malam digelar Penampilan Budaya dari Kab. Tulungagung, Kab. Kutai Barat, dan Kab. Malang, sesuai dengan Jadwal acara pada hari ini adalah Acara Pentas Budaya Upacara Adat dari tiap Peserta FKKS yang ditampilkan dari Kab. Malang, Kab. Lumajang, Kab. Jember, Kab. Tulungagung, Kab. Blitar, Kab. Trenggalek, Kab. Banyuwangi dan Kab. Pacitan.

Setiap penampilan peserta dari 8 Kabupaten saling menunjukkan performa yang maximal karena ini adalah Festival maka akan di cari Siapa yang terbaik untuk dijadikan Duta Wisata Jawatimur selama 1 tahun Kedepan, mereka saling bersaing secara sehat untuk menampilkan budaya dari masing- masing Kabupaten sekaligus sebagai Ajang Silaturahmi bagi pegiat seni di Jawatimur, apalagi Pegiat Seni berprinsip ” Berkarya dalam Seni merupakan Ajang Pemersatu Bangsa, jadi Seni yang Menjadikan Perbedaan untuk menjadi Satu Kesatuan”.

Konsep Sederhana yang diterapkan oleh Pegiat Seni untuk saling berkompetisi untuk menampilkan yang Terbaik dalam satu Festival seperti sekarang ini, merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi Pegiat Seni, mereka berusaha untuk menampilkan yang terbaik, sehingga diharapkan Segala Perbedaan Budaya Indonesia akan Menjadi Satu Kesatuan dalam Wadah Bhinneka Tunggal Ika, untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penampilan Budaya dari peserta FKKS di hari ke 2

Acara berlanjut pada Malam harinya, yaitu melanjutkan Pementasan Budaya yang kini dimulai dari Kab. Jember, Kab. Banyuwangi, Kab. Lumajang, Kab. Blitar, Kab. Trenggalek dan terakhir Kab. Pacitan. Sama seperti malam sebelumnya, dalam penampilannya mereka menunjukkan Performa yang bagus sehingga Riuh tepuk tangan, antusias dan respons positif dari penonton kepada setiap penampilannya yang luar biasa.

Sebelum pementasan Seni budaya dari Kab. Pacitan, dibacakan Pemenang Lomba Peragaan Batik Terbaik yang jatuh kepada Kab. Lumajang dan pemberian Piagam Penghargaan kepada Kab. Lumajang yang di wakilkan kepada Kadis Parbud Kab. Lumajang BPK Bambang S.

Penyerahan Estafet Pataka FKKS dari Kab. Malang oleh Bapak Drs Irianto ke Disparbud Kab. Pacitan yang diterima Bpk. Daryono

Sebagai acara puncak pelaksanaan FKKS XV adalah Prosesi Penyerahan Estafet Pataka FKKS XV kepada Penyelenggara FKKS XVI tahun 2020 mendatang bisa yaitu Kab. Pacitan, yang mana Penyerahan Pataka yang di laksanakan oleh Asisten 2 Bidang Perekonomian Sekda Kab. Malang Bpk. Drs. Irianto S.Mi kepada Kadis Parbud Kab. Pacitan Bpk. Daryono yang
selanjutnya memberikan Sambutannya. Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Pacitan Bapak Daryono mengucapkan Terima Kasih kepada Disparbud Jatim yang telah mempercayakan Penyelenggaraan Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) XVI tahun 2020 mendatang kepada Kab. Pacitan, ” Menjadi suatu Kehormatan dan Kepercayaan bagi Kab. Pacitan sebagai tempat Penyelenggaraan FKKS XVI Tahun 2020 mendatang, Kami menerima Kepercayaan tersebut dan kami akan berusaha untuk mensukseskan kegiatan tersebut seperti yang dilaksanakan di Kab. Malang ini,” ungkapnya.

Kami mohon kerjasamanya untuk menjaga Sinergitas antar Kabupaten dikawasan Selatan dalam meningkatkan Kerjasama di berbagai bidang khususnya di sektor Pariwisata, guna mendukung Jawa Timur Go Internasional, ” Kepada Kab. Malang kami mengucapkan terimakasih atas penyelenggaraan FKKS XV tahun 2019 semoga pada Event FKKS XVI tahun 2020 mendatang kami juga Akan mengikuti kesuksesannya, ” ulasnya.

Asisten 2 Bidang Perekonomian Sekda Kab. Malang bapak Drs. Irianto S. Mi dalam menyampaikan Sambutan dari Plt. Bupati Kab. Malang Drs. H.M Sanusi MM, yang dalam Sambutannya menyampaikan bahwa ” Pelaksanaan Festival Kesenian Kawasan Selatan XV yang digelar di Kab. Malang sebagai ajang promosi Kepariwisataan di kawasan Selatan Jawa Timur yang menjadi salah satu Program Andalan untuk meningkatkan Sektor Pariwisata di tiap Kabupaten di kawasan Selatan Jawa timur, sehingga Potensi wisata baru di tiap wilayah dapat terus digali serta dapat diekspos ke masyarakat luas guna meningkatkan Kemampuan Sektor Pariwisata dan Perekonomian di wilayah Kabupaten di Kawasan Selatan Jawa timur, ” ujarnya.

Penonton yang Menghadiri Pentas Seni FKKS XV

” Kami mengucapkan Terimakasih kepada seluruh Panitia Penyelenggara serta kepada Peserta FKKS yang telah berkerjasama dan telah mensukseskan Acara Festival Kesenian Kawasan Selatan XV tahun 2019 di Kab. Malang, kepada Pemkab. Pacitan yang akan menjadi tempat penyelenggaraan FKKS XVI mendatang semoga akan lebih Sukses lagi dari kami, serta kerjasama Kepariwisataan akan terus meningkat dan berkembang seiring dengan perkembangan Wisata di wilayah Kabupaten Kawasan Selatan Jawa timur Guna mendukung Jawa Timur Go Internasional ” tuturnya.

Terakhir pada kesempatan ini saya mewakili Bapak Plt. Bupati Malang menutup kegiatan FKKS XV tahun 2019 di Kab. Malang, ” Dengan mengucap Alhamdulillah saya secara Resmi Menutup kegiatan Festival Kesenian Kawasan Selatan XV di Kab. Malang tahun 2019, ” tuturnya.

Ditempat terpisah Danramil 0818/ 22 Tumpang Kapten Arm Sunardi mewakili Dandim 0818 Letkol Inf H. Ferry Muzzawad S.I.P., menyampaikan ucapan Terima Kasih kepada Disparbud Jatim dan Disparta Kab. Malang yang telah menjadikan Kec. Tumpang sebagai Tempat Penyelenggaraan Festival Kesenian Kawasan Selatan XV tahun 2019, ” Semoga melalui kegiatan Promosi Kepariwisataan ini akan meningkatkan kemampuan di sektor Pariwisata dan peningkatan ekonomi serta kesejahteraan bagi masyarakat yang menjadikan DEWI CEMARA atau Desa Wisata Cerdas, Maju dan Sejahtera sebagai Andalan di bidang Pariwisata di wilayahnya,” pungkasnya.

Sebagai acara Pamungkas adalah Penampilan kesenian dari Kab. Pacitan sekaligus berakhirnya rangkaian kegiatan Festival Kesenian Kawasan Selatan XV di Kab. Malang tahun 2019.

Acara yang dihadiri oleh Asisten 2 Bidang Perekonomian Sekda Kab. Malang Bapak Drs. Irianto S.Mi, Kadis Parta Kabupaten peserta FKKS, Perwakilan Disparbud Jatim, Muspika Tumpang, Kepala UPT se-Kec. Tumpang dan tamu undangan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here