Kodim 0818-Demi meningkatkan dan memelihara kemampuan perorangan prajurit Teritorial guna mencapai kemampuan standar bagi anggota Kodim 0818, Staf Operasi Kodim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu menyelenggarakan Uji Terampil Jabatan (UTJ) bagi prajurit Bintara dan Tamtama yang berlangsung selama 3 hari di halaman Stadion Kanjuruhan Kepanjen Malang. Kegiatan ini menindak lanjuti dari Program Kerja dan Kalender Latihan Kodim 0818/ Wil. Kab. Malang, pada hari Senin (17/06/19).

babinsa
Danramil 0818/ 04 Ngantang Kapten Arm Heru Santoso menguji Jabatan Tamtama pada UTJ Prajurit Kodim 0818

Selaku Komandan Latihan (Danlat) Danramil 0818/ 30 Tirtoyudo Kapten Chb. Bambang Widodo menyampaikan bahwa ” Pelaksanaan UTJ dengan tingkat yang di ujikan meliputi Kecakapan dua sampai dengan tujuh, sebagai materinya yaitu ketrampilan masing-masing anggota seperti lima kemampuan teritorial meliputi temu cepat lapor cepat, manajemen teritorial, penguasaan wilayah, perlawanan rakyat, komunikasi sosial, intelijen teritorial, tata laksana binter, sistem perencanaan dan pengendalian binter.” ujarnya.

babinsa
Prajurit Jabatan Tamtama Pelayan Radio di Uji oleh Penguji pada UTJ Prajurit Kodim 0818

Danramil 0818/ 07 Pakisaji Kapten Czi Widagdo menambahkan bahwa Kegiatan UTJ ini bertujuan untuk menguji kemampuan perorangan yang dimiliki oleh setiap Prajurit sesuai dengan kecakapan SJM yang dimiliki, serta di peroleh data kulitatif yang valid tentang pemahaman dan penguasaan prajurit terhadap pengetahuan ketrampilan umum, sesuai tingkat kecakapan guna kepentingan pembinaan personel maupun pembinaan latihan, jelas Kapten Czi Widagdo selaku penguji dalam UTJ.

Tambahnya, pembinaan teritorial sebagai salah satu fungsi utama TNI AD yang sejajar dengan fungsi pertempuran dalam rangka menempatkan Binter sebagai salah satu fungsi utama, maka di butuhkan adanya kompetensi dari segenap personel yang bertugas di jajaran Satkowil khususnya para Babinsa sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas pembinaan teritorial di lapangan.

Diharapkan agar seluruh peserta UTJ agar melaksanakan kegiatan dengan sungguh-sungguh dan harus mempunyai rasa tangung jawab agar hasilnya lebih optimal.” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here