Kodim 0818-Dalam rangka meningkatkan Potensi SDM Petani Dusun Sumbul Desa Klampok Kec. Singosari Kab. Malang. Dinas Tanaman Pangan Hortikultura & Perkebunan Malang Raya bersama BMKG, POPT Hortikultura Malang Raya, Mantri Tani/ PPL Kec. Singosari dan Koramil 0818/ 26 Singosari menggelar Sekolah Lapang Iklim (SLI) untuk para Anggota Kelompok Tani Lestari Buwono Sumbul Klampok Singosari Kab. Malang pada hari Rabu, (3/10/18).

SLI Desa Klampok Singosari
Kegiatan Se3kolah Lapang Iklim di Desa Klampok Singosari

Kegiatan Pengamatan dan Pengendalian OPT Hortikultura Sekolah Lapang Iklim Kelompok Tani Lestari Buwono Dusun Sumbul Desa Klampok Kec. Singosari yang bertempat di Rumah Bapak Hariono selaku Ketua Gapoktan ” Lestari Buwono “.

Hadir dalam Kegiatan antara lain, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Malang Raya Bapak Dr.Ir Budiar Anwar, Koordinator POPT Hortikultura Malang Raya Bapak Prasetyo, Sekcam Singosari Bapak Agus Noraji, Danramil 0818/ 26 Singosari Kapten Arm Abdul Kodir, Kepala Bidang POPT Hortikultura Malang Raya Bapak Heri Suntoro, Mantri Tani/ PPL Kec. Singosari, Babinsa Desa Klampok Sertu Anang N, Sekdes Klampok Bapak Sutrisno dan Anggota Kelompok Tani Lestari Buwono Dusun Sumbul Desa Klampok Kec. Singosari.

Koramil Singosari
Peserta Sekolah Lapang Iklim Dusun Sumbul Desa Klampok Singosari

Adapun penyampaian oleh Danramil 0818/ 26 Singosari Kapten Arm Abd. Kodir sebagai berikut :
a. Melalui Sekolah Lapang Iklim (SLI), petani diberdayakan untuk memahami dan memanfaatkan informasi dan prakiraan iklim/ musim secara efektif dalam kegiatan pertanian.
b. SLI merupakan studi lapangan yang berorientasi pada program praktis dan memberikan kesempatan kepada petani untuk belajar bersama.
c. Koramil akan selalu melaksanakan pendampingan kepada para petani. Guna mendukung program pemerintah untuk meningkatkan Swasembada Pangan.

Poktan Desa Klampok
Bapak Budiar Anwar memberikan Cendera mata kepada Ketua Gapoktan Desa Sumbul

Kegiatan Sekolah Lapang Iklim di ikuti 50 orang peserta Gapoktan Lestari Buwono yang nantinya akan menjadi User Interface yang dapat menyampaikan informasi iklim dari BMKG kepada para petani. Sasaran dan tujuan SLI adalah untuk meningkatkan pemahaman yang terkait dengan cuaca dan iklim serta meningkatkan Pengetahuan dan ketrampilan tentang kondisi cuaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here