Kodim 0818-Sejumlah 21 orang bakal Calon Kepala Desa yang berasal dari 41 Desa yang akan melaksanakan Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa di hadapan pejabat Forum Komunikasi Pejabat Daerah (Forpimda) Kabupaten Malang menggelar Deklarasi Damai serentak pada hari Kamis (20/9/18) yang bertempat di Gedung Sanika Satyawada Polres Malang.

Dengan bertajuk ” Silahturahmi Kapolres Malang bersama Tiga Pilar dalam rangka Pilkades aman dan damai “, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, S.IK, yang merupakan motor acara ini menyampaikan Kegiatan Deklarasi Damai ini diadakan dengan tujuan agar Pilkades yang akan diselenggarakan dapat berlangsung aman, damai dan kondusif oleh karena itu semua calon Kades akan membacakan Pakta Integritas dan penandatanganan pernyataan siap mematuhi ketentuan Perundang-undangan yang berlaku serta siap menjaga suasana aman dan kondusif.

Dalam sambutannya Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung S.IK menyampaikan, ” Dalam pesta demokrasi Pilkades yang akan berlansung sebentar lagi diharapkan masing – masing calon agar siap untuk kalah dan mau menerima kekalahan karena dalam kompetisi adalah hal wajar ada yang menang dan kalah begitu pula bagi yang menang dapat melaksanakan tanggung jawab yang dipikul dengan baik dan benar terutama berbuat yang terbaik untuk warganya dan sekali lagi kami pihak Polres Malang menghimbau agar dalam pelaksanaan nanti tidak ada ” BOTOH “ yang dapat merusak situasi kondusif saat Pilkades berlangsung dengan permainan judi ataupun semacamnya dengan menyebar berita HOAX, dan Money Politic. ” 

Bupati Malang H. Rendra Kresna menyampaikan pula Kesuksesan Pilkades serentak tergantung antusiasme warga dalam memilih hak suara demi Menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi di Desa yang berazazkan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. “Tetapi terpilihnya pemimpin di Desa yang berkompeten guna mewujudkan peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyakarat,” ungkap beliau.

Mengingatkan negara ini adalah aparatur negara, saya salut terhadap Kapolres Malang dan Dandim 0818 yang selalu bersinergi dengan Pemkab Malang dalam kegiatan Pilkades Serentak  dengan menggelar Deklarasi Damai. Sebab pelaksanaan Pilkades itu sangat rawan karena banyak yang dipengaruhi oleh calon kepala desa dan pendukungnya. Sehingga dengan deklarasi damai ini, masing-masing dari Kepala Desa sudah berkomitmen dan bertanda tangan untuk Pilkades serentak di Kabupaten Malang ini berjalan aman dan sukses,tambahnya.

Dandim 0818
Penandatanganan Pilkades Damai

Di tempat yang sama Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzawwad S.IP dalam sambutannya mengatakan, ” Pilkdes serentak ini diharapkan semua kandidat Calon Kepala Desa menjaga kerukunan antar sesama warganya, sehingga pilkades ini berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif. Sebab menang atau kalah itu tetap harus dihadapi tanpa melakukan hal yang anarkis karena Pemilihan Kepala Desa merupakan Pionir yang menjadi dasar maju dan berkembangnya Kabupaten Malang yang kita banggakan, kami Kodim 0818 beserta jajaran akan siap mem backup Polres Malang dalam bidang pengamanan demi lancarnya Pesta Demokrasi Pilkades di Kabupaten Malang”.

“Saya berharap agar semua kandidat Calon Kepala Desa menjaga pendukungnya agar pilkades ini berjalan dengan lancar, aman, dan damai tanpa adanya keributan dan dengan Deklarasi Damai ini diharapkan menjadi momentum para calon untuk sama-sama menjadi pemersatu antar sesama calon, karena para calon sudah sepakat mengikrarkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan untuk tidak saling mengganggu satu sama lain, karena ikrar janji diucapkan dan ditandatangani bersama.” tambahnya.

Hadir dalam acara Silahturahmi Kapolres Malang bersama Tiga Pilar dalam rangka Pilkades aman dan damai ini, Bupati Malang H. Rendra Kresna, Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzawwad S.IP, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung S.IK, Wakapolres Malang Kompol Yogi Hadi Setiawan S.IK, Danramil jajaran Kodim 0818, Kapolsek sejajaran Polres Malang, Camat dan Kepala Desa Kabupaten Malang serta undangan dari perwakilan tokoh agama dan masyrakat Kabupaten Malang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here