Kodim 0818-Babinsa Koramil 0818/ 23 Jabung Serda Eka Suwiknya bersama PPL Kec. Jabung melaksanakan uji tanah yang dilaksanakan di tanah sawah wilayah binaan yaitu di Desa Sidorejo Kec. Jabung Kab. Malang untuk mengetahui kandungan unsur hara makro yang ada di dalam tanah yaitu unsur Nitrogen (N), Phosfat (P), Kalium (K) serta pH (Keasaman) yang ada di lahan pertanian di desa tersebut, pada hari Kamis (16/05/19).

Babinsa Serda Eka Suwiknya Bersama PPL Kec. Jabung dan Ketua Kelompok Tani melaksanakan Pengukuran Uji Tanah dengan PH Meter untuk mengetahui kondisi Tanah sawah di wilayah binaannya

Pada Kesempatan Tersebut Kepala Desa Sidorejo Bapak Mundir Ali, ST beserta perangkat desa dan perwakilan Kelompok Tani Mekar Jaya juga turut hadir dalam proses PUTS (Perangkat Ukur Tanah Sawah) yang ada di Areal Persawahan Dusun Glongsor Desa Sidorejo Kec. Jabung.

Koordinator analis uji tanah Ibu Wahyu Lies dan Bapak Bambang menyampaikan agar ” Para petani tidak berlebihan dalam memakai pupuk kimia, karena dari hasil penelitian di desa tersebut pada intinya merekomendasikan ukuran dalam pemberian pupuk/ pemupukkan di sesuaikan dengan hasil uji tanah, menurut dan di sesuaikan dengan ukuran serta jenis pupuk yang telah direkomendasikan.

Hasil pengambilan sampel Tanah yang akan dilaksanakan uji coba untuk melihat unsur Nitrogen (N), Phosfat (P), Kalium (K) serta pH (Keasaman)

Perwakilan PPL Kec. Jabung Ibu Wahyu Lies mengatakan ” Hasil dari uji tanah yang dilaksanakan pada hari ini akan disampaikan ke para petani dalam saat pertemuan dengan Poktan, agar hasil pertanian lebih baik dan produktivitas bisa meningkat guna mencapai target Swasembada Pangan Nasional,” ungkapnya.

Bapak Agus Selaku Ketua Kelompok Tani Mekar Jaya mengucapkan Terimakasih kepada Babinsa dan PPL yang selalu aktif mendampingi para petani dalam segala upaya untuk mencapai hasil pertanian yang lebih bagus dan bisa memberikan arahan kepada petani bisa bijak dan cerdas dalam pengolahan lahan pertanian demi meningkatkan kualitas hidup pertanian.(Eka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here