Duo Djumain dalam Pilkades Desa Karangpandan Pakisaji

Pilkades

Kodim 0818-Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang II di Kab. Malang Tahun 2018 di gelar pada hari ini Minggu (11/11/18), setelah tadi pagi dibuka secara Simbolis oleh Wakil Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi MM, di Balai desa Wonokerso Kecamatan Pakisaji Kab. Malang, berarti telah Resmi Pertarungan antar kandidat Calon Kepala Desa dalam Kancah Pilkades memperebutkan Simpati Suara dari warga Desanya.

Pilkades
Alat Peraga Kampanye Desa Karangpandan yang Unik dan menjadi Sorotan Publik

Seperti yang Terjadi di Kecamatan Pakisaji tepatnya di Desa Karangpandan berlangsung Pilkades yang unik dan menjadi sorotan publik. Pasalnya, dua kandidat Calon Kepala Desa yang bersaing memiliki nama yang sama, yakni Djumain. Bedanya, Cakades nomor urut 1 memiliki gelar Sarjana Ekonomi (SE) yang disematkan di akhir nama. Sedangkan Calon Kepala Desa nomor urut 2 hanya Djumain tanpa gelar akademis. Secara perawakan, kedua Cakades itu juga memiliki kemiripan, yaitu Keduanya memiliki kumis yang tebal, dari Usia Cakades yang akan bertarung itu juga sama, keduanya lahir di bulan dan tahun yang sama, hanya berbeda di tanggal lahir saja.

Calon nomor urut 1 Djumain, SE lahir pada tanggal 14 Desember 1957, sedangkan calon nomor urut 2 Djumain lahir pada tanggal 20 Desember 1957. Supaya pemilih tidak kesulitan dalam membedakan kedua kandidat itu, panitia Pilkades menyepakati masing – masing dari keduanya memakai pakaian yang berbeda untuk surat suara.

Dalam surat suara, Djumain nomor urut 1 memakai pakaian resmi dengan jas dan kopiah. Sedangkan Djumain nomor urut 2 yang merupakan Kepala Desa terpilih memakai pakaian adat dengan blangkon.

Desa Karangpandan Kec. Pakisaji

1.DPT : 4191 Jiwa
2.Hadir : 2853 Jiwa
3.Tdk Hadir : 1238 jiwa
4.Suara sah : 2911 Suara
5.Suara tdk sah : 42 Suara

Hasil Perolehan suara Pilkades Desa Karangpandan Kec. Pakisaji :

  1. Djumain, SE : 1050 Suara
  2. Djumain       : 1861 Suara (TERPILIH)

Djumain no Urut 2 berhasil mengungguli Djumain, SE no urut 1 dalam pemilihan Kepala Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang pada Minggu (11/11/2018). Djumain nomor urut 1 memperoleh sebanyak 1.050 suara. Sedangkan Djumain nomor urut 2 memperoleh 1861 suara. Dengan begitu, Djumain nomor urut 2 menjadi Kepala Desa Karangpandan terpilih. “Menang nomor 2, Pak Djumain yang pakai blangkon mas. Selisih 811 suara,” kata Sekretaris Panitia Pemilihan Kepala Desa Karangpandan, Saudara Kun Pancaya.

Djumain mengatakan, pemilih tidak hanya melihat dari nama dan wajah. Melainkan pemilih akan melihat track record masing – masing calon dalam menentukan pilihan. “Dilihat kepribadiannya, karakter atau sikap-sikapnya. Pilkades itu tidak hanya melihat wajah dan bentuk rupanya tapi latar belakang dan banyak sekali kalau Pilkades,” katanya.

Sementara itu, Djumain SE, nomor urut 1 mengatakan, dirinya dan kandidat satunya sudah banyak dikenal oleh masyarakat sehingga masyarakat tidak akan salah pilih. “Jadi jelas masyarakat tidak asing lagi. Kecuali masyarakat pendatang baru. Saya juga sering melaksanakan kegiatan kemasyarakatan, tahlil di masing – masing lingkungan,” katanya.

Kedua kandidat itu dipastikan akan bersaing ketat, selain memiliki kesamaan nama dan tahun lahir, kedua kandidat juga memiliki track record yang bisa diandalkan. Djumain, SE nomor urut 1 merupakan pensiunan pegawai Perum Jasa Tirta yang kini menjadi pedagang sapi dan Ketua RW 04 sejak tahun 2007. Sedangkan Djumain nomor urut 2 merupakan mantan Kepala Desa Dua periode. Sejak tahun 2002 hingga 2012, yang kini kembali mencalonkan diri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here