Kodim 0818-Acara Pembukaan Giat Prestasi 2018 Kwartir Cabang Pramuka Kab. Malang Tahun 2018 dalam Rangka Memperingati Hari Pramuka Ke-57 Tahun 2018, Kegiatan yang diikuti 280 peserta yang terdiri dari, 140 peserta puteri dan 140 peserta putera ini memiliki Tema ” Mengembangkan Wawasan Edukasi, Budaya, Sejarah dan Religi melalui Safari Camp Wonderful Explore ”, yang bertempat di Lapangan Pindad Kel. Sedayu Kec. Turen Kab. Malang pada hari Sabtu, dan kegiatan akan digelar selama 2 hari (15-16 Desember 2018).

Hadir dalam Kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kab. Malang Drs. M. Hidayat,  Departemen Agama Kab. Malang Bpk. Firman, Muspika Kec. Turen, Pejabat Pramuka di lingkungan TNI/ Polri, Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA / Sederajad, Pengurus Kwarran se-Kec. seluruh Kab. Malang.

Rangkaian kegiatan yang diawali dengan acara Pemberian Tanda Pramuka Prestasi kepada Perwakilan Peserta, dilanjutkan dengan Pembacaan Pancasila, Laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara, Laporan Ketua Penyelenggara dilanjutkan amanat,  Pembacaan Doa, dan pelaksanaan kegiatan Prestasi Pramuka Kwarcab Kab. Malang.

Giat pramuka
Tamu Undangan Giat Prestasi Pramuka Kwarcab Kab. Malang TA. 2018

Dalam sambutannya Laporan Ketua Penyelenggara Giat Prestasi 2018 Kwartir Cabang Pramuka Kab. Malang Tahun 2018 yang intinya antara lain Giat Pramuka Prestasi sebagai rangkaian dari Hari Jadi Pramuka ke-57 pada tanggal 14 Agustus 2018, Era Globalisasi penuh dengan Persaingan diharapkan kepada seluruh Generasi Pramuka Siap untuk menghadapi Persaingan tersebut.

Amanat Pembina Upacara antara lain Peringatan ini sebagai wujud penghormatan bagi Pendiri Gerakan Pramuka Indonesia Bapak Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang terbentuk pada 57 tahun yang lalu, Pramuka sebagai pembentuk karakter anak bangsa yang tidak akan lengkang oleh waktu, Prestasi yang Koopetif telah dirancang oleh Panitia, selain itu dalam amanatnya menyampaikan pesan kepada seluruh Peserta Giat Prestasi Kwarcab Kab. Malang antar lain :

” Hadapi kegiatan dengan riang gembira, Laksanakan dengan Sportifitas, Junjung tinggi Kebersamaan dan Persatuan, serta Kepada Korwil agar menjunjung tinggi Permendikbud bahwa Pramuka sebagai Giat Wajib di Dunia Pendidikan ” Pungkasnya.

Usai upacara pembukaan dilanjutkan dengan materi Giat Dinamis (Safari Camp) meliputi lomba sandi dan isyarat, KIM dan Peta Pita. Selanjutnya Giat Sore hari pada pukul 16.00 WIB materi pendirian bivak, kegiatan pribadi yang meliputi ibadah dan dilanjutkan Giat Malam harinya, pada pukul 19.00 WIB pelaksanaan Giat Statis I yaitu menulis berita dan sejarah kebangsaan. Giat Statis 2, terdiri dari Lomba yel-yel, serta pengumuman pemenang pada Upacara Penutupan Giat Prestasi TA. 2018, pada keesokan harinya Minggu (16/12/18).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here