Kodim 0818-Pelaksanaan Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 Tahun 2020 di tingkat wilayah tinggal 2 hari lagi, maka perlu digelar persiapan akhir atau Gladi kotor dan gladi bersih bagi setiap personil penyelenggara Upacara tersebut, seperti yang di gelar di Halaman Kec. Pakisaji Kab. Malang Jatim, upacara pengibaran dan penurunan bendera HUT Kemerdekaan RI ke-75 yang akan digelar tersebut dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran Pemerintah yang dilaksanakan pada hari Sabtu (15/08/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur kesiapaan dari setiap personel penyelenggara Upacara dalam pelaksanaan Upacara Bendera Detik – detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 pada tanggal 17 Agustus 2020 mendatang, setiap pelaku melaksanakan tugasnya dengan sebaik – baiknya sehingga diharapkan dalam pelaksanaannya dapat di minimalisir kesalahan yang akan terjadi dan akan sukses dari mulai upacara penaikan maupun penurunan bendera dalam Upacara bersejarah bagi Bangsa Indonesia.

Babinsa
Babinsa Koramil 0818/07 Pakisaji Gelar Latihan Pemantapan Upacara HUT Kemerdekaan RI di Halaman Kantor Kecamatan Pakisaji Malang

Babinsa Koramil 0818/07 Pakisaji Serma Lufi Erdian dan Serka Eko Budi P bersama Sekcam Pakisaji ibu Endah Sriyati, perangkat upacara serta anggota Paskibra yang sudah terbentuk (Purna Paskibra 2019) mereka telah menjalani latihan sejak beberapa hari yang lalu hingga saat ini adalah hari Pemantapan bagi kami untuk mengetahui kesiapan kami semua dalam pelaksanaan Upacara Detik detik Proklamasi pada tanggal 17 Agustus mendatang, ” Kami bersama melaksanakan Gladi Kotor dan gladi bersih bersama seluruh perangkat upacara untuk mengetahui kesiapan setiap individu dalam bertugas sebagai Penyelenggara Upacara, terkait pelaksanaan Upacara 17 Agustus yang saat ini digelar berbeda dengan tahun yang lalu yakni adanya pandemi Covid -19 yang menjadikan kami tetap mematuhi Protokol Kesehatan dalam pelaksanaan nya guna mamutus rantai penyebaran Covid -19 di wilayah Kab. Malang khususnya di Kec. Pakisaji, ” ungkapnya.

Babinsa
Babinsa berikan Motivasi kepada Paskibra dalam latihan Pemantapan sebelum Upacara HUT Detik – detik Proklamasi di Halaman Kantor Kecamatan Pakisaji

Dalam kesempatan lain Sekcam Pakisaji Ibu Endah Suryani saat mengikuti Gladi Kotor Upacara mengatakan bahwa dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 yang digelar secara terbatas akan menggunakan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tahun 2019. ” Kami merekrut kembali serta memanfaatkan kembali adik-adik kita yang pada saat 2019 yang lalu untuk menjadi Paskibra yang kami pilih kembali. Sehingga untuk bisa tampil di 2020, bisa itu dari cadangan dan dari yang lain. Tentunya dalam proses rekruitnya, sesuai dengan berbagai tahapannya tetap dilaksanakan sebagaimana aturan yang ditetapkan,” tutur ibu Sekcam.

Langkah itu diambil, untuk menghindari adanya kegiatan yang membutuhkan kontak fisik. Mengingat saat ini Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19, yang mana akan menimbulkan kondisi Covid. Sehingga kami terapkan di sini adalah Pasukan Inti saja sebagai Pengibar Bendera yang berjumlah 3 orang saja, dan peserta upacara juga melibatkan unsur TNI, dan Polri bersama perwakilan elemen masyarakat dengan jumlah terbatas guna meminalisir jumlah pasukan upacara mendatang, ” ujarnya.

Kami masih bersyukur kepada Tuhan YME yang mana mereka (Purna Paskibra 2019) masih memiliki Rasa Nasionalisme yang tinggi kepada NKRI yang mana mereka mengapresiasi dalam tahapan Seleksi dan Latihan Upacara ini dengan Semangat mereka menunjukan Jati diri mereka sebagai Generasi Muda harapan bangsa, “Kami bangga kepada Paskibra yang mana mereka telah mengapresiasi dan menunjukkan kredibilitasnya sebagai pemuda yang memiliki Rasa Nasionalisme yang tinggi untuk bergabung kembali dalam Paskibra guna mensukseskan Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI -75 di Kecamatan Pakisaji, semoga mereka menjadi Pemimpin masa depan yang dapat membawa Indonesia kerarah yang positif serta menjadi Contoh bagi generasi muda lainnya untuk berprestasi sesuai dengan kemampuannya masing masing bagi wilayahnya, ” pungkasnya.(Pendim 0818)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here