Jambore Ranting Kwarran Tumpang

Jambore adalah Pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan  besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka dari tingkat ranting sampai tingkat nasional. Bahkan didunia pun diselenggarakan kegiatan serupa yang biasa disebut Jambore Dunia (World Scout Jamboree).

Kemah Pramuka
Danramil Tumpang Hadir di Acara Pembukaan Jambore Ranting Kwaran Tumpang

Setiap tanggal 14 Agustus, Gerakan Pramuka memperingati harinya, Hari Pramuka. Peringatan ini merujuk pada sejarah kepramukaan di Indonesia, dimana pada tanggal tersebut, 57 tahun silam Presiden RI, Ir. Soekarno melantik Majlis Pimpinan Nasional (Mapinas), Kwarnas, Kwarnari.

 

Pelantikan ini kemudian disusul dengan penganugerahan Panji-panji Kepramukaan dari Presiden RI dan defile akbar oleh anggota pramuka di Jakarta. Peristiwa besar bagi kepramukaan di Indonesia ini kemudian hari diperingati sebagai Hari Pramuka setiap tahunnya.

Perayaannya melalui berbagai macam kegiatan kepramukaan di seluruh Indonesia. Mulai dari tingkat Gugusdepan, Kwartir Ranting, Kwartir Cabang, Kwartir Daerah, hingga di tingkat nasional (Kwartir Nasional). Mulai anggota pramuka usia siaga, penggalang, penegak, dan pandega, maupun anggota dewasa pramuka turut memperingati peringatan Hari Pramuka.

Tema Pada peringatan Hari Pramuka 2018

Pramuka Perekat NKRI

Pramuka
Logo Hapram 2018

Logo Hari Pramuka ke-57 Tahun 2018 memiliki makna dan arti sebagai berikut:

  • Logo berbentuk angka 57 menandakan peringatan Hari Pramuka ke-57
  • Angka 57 terdiri atas dua bagian, merepresentasikan warna bendera Indonesia yakni merah dan putih
  • Angka 57 berbentuk seperti tali yang tersambung dan saling menganyam, melambangkan pramuka sebagai perekat NKRI
  • Silhoute tunas kelapa merupakan lambang Gerakan Pramuka
  • Logo WOSM merupakan lambang kepanduan dunia dan Gerakan Pramuka sebagai bagian dari organisasi kepanduan dunia
  • “Pramuka Perekat NKRI” merupakan tema peringatan Hari Pramuka ke-57
  • 1961-2018 adalah tahun peringatan Hari Pramuka.

 

Pramuka
Tamu Undangan Jambore Ranting Tumpang

Dalam rangka merayakan Hari Pramuka 2018 mulai tanggal 9-11 Agustus 2018 Kwartir Ranting Tumpang menyelenggarakan kegiatan Jambore Ranting Kwarran Tumpang bertempat di Bumi Perkemahan Pulungdowo yang pembukaannya telah dilaksanakan pagi tadi di lapangan SMPN 2 Tumpang yang dihadiri Komandan Koramil 0818/ 22 Tumpang, bertindak selaku Irup Ketua Kwarran Tumpang menyampaikan.

Tujuan diselenggarakan -nya kegiatan ini adalah untuk melatih, mandiri, peduli, bertanggung jawab dan komitmen sepanjang hayat.

” Salam Pramuka ”

Satyaku ku dharmakan, dharmaku ku baktikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here