Kodim 0818-Kaposramil 0818/ 36 Pagelaran Pelda Sugiono menghadiri kegiatan Penyerahan Bantuan Program #bekerja Tahun 2019 yang berupa hewan unggas seperti Ayam, Pakan dan Obat-obatan oleh Kementrian Pertanian (Kementan RI), Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen Ternak dan Keswan) dan Pusvetma (PUSAT VETERINER FARMA). Kegiatan yang digelar di Lapangan Belakang Kantor Desa Kademangan Kecamatan Pagelaran Kab. Malang Jawa Timur, yang di hadiri 500 Orang pada hari Kamis (19/09/19).

Program pengentasan kemiskinan dari Kementerian Pertanian melalui Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) memberikan harapan baru bagi Rumah Tangga Miskin Produktif (RTMP) di Wilayah Kab. Malang khususnya di Desa Kademangan Kec. Pagelaran. Hal tersebut terlihat saat kunjungan kerja yang dilakukan oleh Bapak I Gusti Made Noor Kuswandana MM selaku Inspektur IV Kementan, bersama instansi terkait dan didukung oleh Pemda Kab. Malang.

Acara yang diawali dengan penampilan Tari Tradisional Gerabah Senik Manis Malangan dilanjutkan dengan pembacaan Doa dan Pembukaan acara, kemudian sambutan oleh Kepala Pusat Veteriner Farma Surabaya bapak Drh. Agung Suganda, M.Si yang menyampaikan ucapan Selamat kepada Bapak Drs. HM Sanusi MM yang telah Resmi dilantik menjadi Bupati Kab. Malang. ” Pada hari ini kita akan melaksanakan penyerahan bantuan program Bekerja tahun 2019 yang merupakan program untuk menanggulangi kemiskinan yang ada di Indonesia guna terwujudnya KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) dan juga SERASI (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani), ucapnya.

Kaposramil 0818/ 36 Pagelaran menghadiri acara Penyerahan Bansos dari Kementan RI kepada warga Desa Kademangan

Di Jawa timur terdapat 5 daerah yang ditunjuk sebagai penerima bantuan termasuk di wilayah Kab. Malang yaitu Desa Kademangan Kec. Pagelaran, ini merupakan bantuan perdana dari Pemerintah Pusat bagi Penerima bantuan yang ada di Kabupaten Malang, kami telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kab. Malang untuk memperoleh data yang berhak memperoleh program bekerja,” Bantuan yang diberikan berupa ayam, kandang dan pakan. bantuan ini tidak semua daerah mendapatkan bantuan maka dari itu Tolong jangan disalahgunakan,” imbuhnya.

Saya akan mengecek satu tahun kedepan yang berhasil beternak ayam dari program bekerja. Ayam yang akan diberikan ini berumur 1 bulan dan juga ada Pakan dan Obatnya juga kami harap untuk seluruh warga merawat dengan baik, dan target kami pada bulan September ini semua bantuan yang ada di wilayah Kab. Malang telah terdistribusi semua, ” Untuk penerima bantuan akan menerima bibit ayam sebanyak 50 ekor dan jangan sampai 50 Ekor ayam yang telah dibagikan diberikan kepada tetangga dan jangan dijual kalau belum besar, karena ayam yang kita berikan ini sehat dan sudah di vaksin oleh kami,” ulasnya.

Jumlah ayam yang kita berikan setiap warganya sebanyak 50 Ekor ayam yang di bagikan kepada 5.229 Warga dengan jumlah total 261.450 ekor ayam yang akan dibagikan pada hari ini.

Bupati Malang Drs. HM. Sanusi MM dalam sambutannya menyampaikan ungkapan Syukur Alhamdulillah bahwa saya telah resmi dilantik sebagai Bupati Kabupaten Malang dan saya mohon doa restu untuk kedepannya saya akan mencanangkan pada tahun 2020 kita akan adakan pengadaan Kandang ayam yang bisa menampung ayam 2000 ekor untuk dibagikan kepada warga yang telah memperoleh bantuan ayam dari Program Bekerja ini.

” Saya berharap dari Kementan untuk dapat menambah lagi dari 200 ribu menjadi 1 juta per Kecamatannya dan saya beritahukan di Kab. Malang sendiri ada 33 Kecamatan maka kita mohon adanya pengadaan kembali 33 Juta untuk pemerataan di daerah Kabupaten Malang yang ditujukan untuk meminimalisir kemiskinan yang ada di Kabupaten Malang, Kita akan kembangkan lagi dibidang peternakan seperti di Greenfield di Kawasan Gunung Kawi sana yang sukses menambah peningkatan pendapatan Kabupaten Malang.” harapnya.

” Agar bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh warga dan untuk pemeliharaan serta apabila sudah bisa dijual, itu 100 persen laba untuk warga sendiri” imbuhnya.

Inspektur IV Kementan bapak I Gusti Made Noor Kuswandana menyampaikan bahwa ” Untuk program Bekerja ini masing-masing RTMP (Rumah Tangga Miskin Produktif) akan mendapatkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 500 ribu untuk modal pembuatan kandang, bibit ayam jenis Jawa Super sebanyak 50 ekor, dilengkapi dengan pakan 150 kg, obat-obatan dan vitamin serta bibit hortikultura yang akan dikembangkan menjadi bahan pakan lokal.” ucapnya.

Tamu Undangan Acara Penyerahan Bansos dari Kementan RI kepada warga Desa Kademangan

Alasan dipilihnya Kabupaten Malang sebagai penerima program bekerja ini sangat tepat karena di semua elemen masyarakatnya sendiri sangat semangat dengan di adanya kegiatan ini. ” Pada tahun depan kita akan wujudkan keinginan Bupati Kab. Malang yang sebelumnya 200 ribu ekor ayam menjadi 1 Juta untuk 1 Kecamatan dengan melihat progres 1 tahun kedepan,” tuturnya.

Ditempat terpisah Kaposramil 0818/ 36 Pagelaran Pelda Sugiono mengatakan bahwa ” Program bantuan Bekerja dari Kementan ini merupakan upaya untuk mengurangi Kemiskinan di wilayah dengan memberdayakan Peternakan unggas dengan Kualitas Bibit Unggul yang dilengkapi dengan Pakan dan Obat serta vitaminnya diharapkan akan menuai hasil yang maximal dan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi penerima bantuan.” ungkapnya.

“ Semoga bantuan yang diberikan bermanfaat dan dipelihara dengan baik untuk ternaknya, supaya hasil yang di dapat baik juga dan Murni hasilnya akan kembali kepada penerima bantuan, dan program ini juga bisa untuk mengurangi potensi pedagang yang tidak bertanggungjawab untuk memainkan harga pasar karena nantinya hasil produksi dari komoditas yang di bantukan ke pada RTMP akan bekerja sama dengan Bumdes untuk pemasarannya, selanjutnya sebagian hasil penjualan dari komoditas produksi RTM akan disimpankan oleh Bumdes untuk nanti dibelikan lagi bibit ayam /tanaman agar program, sehingga dapat berkesinambungan, dan para pedagang yang akan membeli hasil produksi peternakan/ tanaman/ buah tidak dapat mempermainkan harga karena di wadahi pemasarannya oleh Bumdes,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan Penyerahan secara simbolis bantuan Program Bekerja tahun 2019 yaitu pemberian 1 Paket 50 ekor ayam, 150 Kg Pakan ayam dan 1 paket obat serta vitamin ayam, dengan total keseluruhan @329 paket bantuan yang terdiri dari 16.450 ekor ayam , @329 paket pakan ayam sejumlah 49.350 Kg, dan @329 Paket obat dan Vitamin ayam. kemudian peninjauan ke Lapangan tempat Percontohan Program Bekerja di Desa Kademangan Kec. Kromengan Kab. Malang yang dipimpin oleh Kadis Peternakan dan Keswan Bapak Nurcahyo, SH di ikuti oleh Tamu undangan.

Acara yang dihadiri antara lain, Bapak I Gusti Made Noor Kuswandana MM selaku Inspektur IV Kementan, bapak Prabowo Respatiyo Caturoso selaku Staf Tim Ahli Kementan, Bapak Drh. Agung Suganda, M.Si selaku Kepala Pusat Veteriner Farma Surabaya, Bapak Drs H.M Sanusi, M selaku Bupati Malang, Bapak Nurcahyo, SH selaku Kadis Peternakan dan Keswan Kab. Malang, Bapak H. Nur Hasyim, SH, M.Si selaku Kadis Sosial Kab. Malang, Bapak Moch. Ridho Yunianto selaku Kepala Cabang Bank Jawa Timur, AKBP Mas Akhmad Sujalmo selaku Anjak Bidren Polres Malang, Letda Inf Marsana selaku PA Sandi Kodim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu, Bapak Moch Sodiq SH selaku Camat Pagelaran, Bapak Abai Shaleh, S.Sos selaku Camat Kepanjen, Bapak Drs. Totok Irawanto selaku Camat Gondanglegi, Danramil 0818/ 19 Gondanglegi Kapten Inf Reko Endro Kuncoro, Danramil 0818/ 05 Kepanjen Kapten Kav Ulum, AKP Agus Siswo selaku Kapolsek Gondanglegi, AKP Amung Sri Wulandari, SH selaku Kapolsek Pagelaran, Bapak Ardian SH selaku Kasi Intel Kejari Kab. Malang dan Bapak Achmad Fauzi, SH dari Kejari Kab. Malang, Ibu Mulyani selaku Kades Kademangan, Bapak Moch. Widodo selaku Kades Pagelaran, Bapak Bambang Priambodo selaku Sekcam Pagelaran, Babinsa dari Koramil 0818/ 36 Pagelaran, Koramil 0818/ 19 Gondanglegi, Koramil 0818/ 05 Kepanjen, Bhabinkamtibmas Polsek Pagelaran, Gondanglegi, dan Kepanjen, Tim Pakar Program Kementan 2019, Tim Pendamping dan Pengawas Distribusi dan RTMP Desa Kademangan, serta Warga Desa Kademangan Penerima bantuan Program #bekerja tahun 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here