Kodim 0818-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Jawa Timur terus menggencarkan sosialisasi mitigasi bencana kepada seluruh masyarakat dan pelajar yang wilayahnya kerap dilanda bencana alam, seperti Tanah longsor, banjir, tsunami, gempa bumi dll yang berada di wilayah Kab. Malang. Dengan menggandeng Kodim 0818, BPBD Kab. Malang menggelar Sosialisasi Penanggulangan Bencana Alam (SOS GUL BENCAL/ Mitigasi) di Desa Pujiharjo, dengan bertempat di Aula Desa Pujiharjo Kec. Tirtoyudo Kab. Malang pada Rabu (19/06/19).

Pemateri Sosialisasi Gulkbencal Di Desa Pujiharjo Tirtoyudo

Acara yang di mulai pukul 10.00 WIB sd selesai dihadiri antara lain Danramil 0818/ 30 Tirtoyudo Kapten Chb Bambang Widodo, Kapolsek Tirtoyudo yang diwakili Iptu Didik, Pasi Ops Kodim 0818 yang diwakili oleh Pelda Nurcahyo, Perwakilan dari BPBD Kab. Malang Bpk. Eksan dan anggota BPBD Kab. Malang, Kepala Desa Pujiharjo Bpk. Hendik Arso, Perwakilan Masyarakat Desa Pujiharjo 85 orang dan Perwakilan Pelajar SMP YBPK 25 Orang.

Sambutan Kepala Desa Pujiharjo Bpk. Hendik Arso mengucapkan Terima kasih kepada pihak BPBD Kab. Malang dan Kodim 0818 yang telah memilih Desa Pujiharjo Kec. Tirtoyudo sebagai tempat Sosialisasi Penanggulangan Bencana Alam di wilayah Kab. Malang, semoga apa saja yang akan disampaikan oleh Perwakilan dari BPBD Kab. Malang dapat bermanfaat dalam proses Pendataan dan Evakuasi di lapangan agar seluruh prosedur dapat dilaksanakan oleh seluruh elemen masyarakat,” ungkapnya.

Danramil 0818/ 30 Tirtoyudo Kapten Chb Bambang Widodo menambahkan bahwa ” Setiap Bencana alam yang terjadi di wilayah merupakan akibat dari perubahan kondisi alam yang terjadi baik secara Alami maupun karena ulah Manusia, sehingga apapun bencana yang akan terjadi harus kita terima karena merupakan konsekuensi bersama, namun segala daya dan upaya dapat kita cegah secara maksimal atas kerja keras dan dukungan dari seluruh masyarakat,” ujarnya.

Tamu Undangan dan peserta Sosialisasi Gulbencal Desa Pujiharjo Tirtoyudo

” Melalui Sosialisasi Penanggulangan Bencana Alam yang digelar oleh Kantor BPBD Kab. Malang semoga Bermanfaat bagi kita semua dan seluruh pihak dapat bekerja sama dan saling mendukung untuk menyelesaikan pada saat terjadi dan pasca bencana agar kondisinya dapat kembali seperti semula,” imbuh Danramil.

Sambutan Pasi Ops Kodim 0818 Kapten Inf Joko Sungkowo yang diwakilkan kepada Pelda Nurcahyo menyampaikan bahwa ” Kegiatan Sosialisasi Penanggulangan Bencana Alam di wilayah Kab. Malang bersama Kantor BPBD Kab. Malang dan Kodim 0818 sudah kerap dilaksanakan di wilayah Kab. Malang, sebab Kab. Malang dan Batu memiliki Potensi Bencana alam yang tergolong tinggi, sehingga perlu adanya Sosialisasi bila terjadinya bencana alam, ungkap Pelda Nurcahyo.

Melalui kegiatan ini diharapkan agar seluruh hadirin dapat mengetahui peranannya di lapangan bila terjadi bencana alam, siapa berbuat apa dan harus bagaimana peranannya sehingga dengan adanya koordinasi di lapangan akan mempermudah proses pendataan dan evakuasi korban saat terjadinya bencana alam, pungkasnya.

Penyampaian Materi oleh Bapak Eksan sebagai wakil dari Kantor BPBD Kab. Malang mengatakan bahwa ” Kami memandang perlu untuk menggencarkan sosialisasi ini, mengingat saat ini banyak bencana alam terjadi di sekitar kita,” ujarnya.

Ia menjelaskan, berbagai jenis bencana alam yang sering terjadi di wilayah Kab. Malang antara lain, Tanah Longsor, banjir, angin puting beliung, gempa bumi dan tsunami. Dalam beberapa waktu yang lalu, angin puting beliung terjadi berulang kali di wilayah Tumpang, Pakis Jabung dan beberapa daerah lainnya dan telah merobohkan pepohonan, rumah warga hingga menyebabkan aliran listrik putus.

Menurut Bapak Eksan perlu adanya upaya untuk mengurangi resiko bencana alam yang terjadi dan perlu dipahami semua elemen masyarakat, sehingga apabila terjadi bencana alam, dampak risiko bisa dikurangi. Selain itu, sambung dia upaya mengurangi bencana alam juga merupakan amanah dari Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Dalam ketentuan Undang-Undang itu dijelaskan, bahwa mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

” Dasar ini yang menyebabkan BPBD Kab Malang gencar melakukan sosialisasi kepada para warga masyarakat dan pelajar di wilayah Desa Pujiharjo Kec. Tirtoyudo ini, selain itu, peranan dari Pemerintah Daerah, yakni BPBD merupakan penanggung jawab apabila terjadi bencana alam, sebagaimana diatur dalam ketentuan tersebut, dan Sosialisasi pengenalan bencana memang sangat penting, dengan begitu kita bisa antisipasi saat akan terjadi bencana,” tegas Bapak Eksan.

Kegiatan Sosialisasi Penanggulangan Bencana Alam di Desa Pujiharjo diakhiri dengan Doa penutup dan diharapkan ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat dan dapat di aplikasikan di lapangan di saat terjadinya bencana alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here