Kodim 0818-Jelang pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H, jajaran Polres Malang mengadakan apel gelar pasukan ” Operasi Ketupat Semeru 2019″ di Lapangan Apel Satya Haprabu Polres Malang, Apel gelar pasukan Ops Ketupat Semeru 2019, dipimpin langsung oleh Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, S.H., S.I.K., M.Si., pada hari Selasa (28/05/19).

Hadir dalam apel gelar pasukan ini antara lain Plh Bupati Malang Drs,H.M. Sanusi MM, Dandim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu Letkol Inf Ferry Muzawwad S.I.P, yang diwakilkan Pasi Ops Kodim 0818 kapten Inf Joko Sungkowo, perwakilan dari Den Pom V/ BRW, Brimob Den B Polda Jatim/ Ampeldento, Kodim 0818/ Malang-Batu, Kejaksaan Negeri Kab  Malang, Ketua PN Kab Malang, Ketua MUI Kab Malang, Waka Polres Malang, Para Kabag, Kasat, Kasi serta PJU Polres Malang, Kapolsek Jajaran Polres Malang, Satpol PP, Dishub, Pemuda Pancasila, Banser, Senkom dan Pramuka.

3 Pilar Kab. Malang meninjau kesiapan Personil Pengamanan OPS PAM Ketupat Semeru 2019 di halaman Mapolres Malang

Amanat yang di bacakan oleh Kapolres Malang AKBP YS Ujung S.H., S.I.K., M.Si. menyampaikan ” Menurut Kapolri terdapat 4 potensi kerawanan yang harus diwaspadai bersama, antara lain adalah stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan dimana potensi permasalahan berkisar pada masalah distribusi pangan, upaya penimbunan oleh kelompok kartel/ mafia pangan, maupun perilaku negatif pelaku usaha yang kerap menaikkan harga di atas harga yang ditetapkan. Serta perlu adanya kerjasama dan koordinasi antar stakeholders terkait guna mengatasi hal ini. “ Permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik,” ungkapnya.

3 Pilar Kab. Malang meninjau kesiapan Personil Pengamanan OPS PAM Ketupat Semeru 2019 di halaman Mapolres Malang

Disampaikan bahwa Ops Ketupat Semeru 2019 merupakan salah satu Ops Kepolisian terpusat, dan dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda, selama 11 hari mulai tanggal 29 Mei 2019 – 10 Juni 2019, dan melibatkan personel pengaman gabungan dari unsur TNI-Polri, PEMDA serta Stakeholder dan element masyarakat lainnya. Selanjutnya Rencana Ops disusun melalui serangkaian evaluasi pada pelaksanaan Ops sebelumnya yaitu Ops analisa dan potensi gangguan Kamtibmas tahun 2018, sehingga terdapat empat POTENSI KERAWANAN, yang perlu diwaspadai.

Dia juga menekankan kepada seluruh personel terutama pada titik rawan macet dan titik rawan kecelakaan, agar benar-benar melakukan pemantauan secara cermat. “ Berbagai strategi bertindak yang telah ditetapkan agar diikuti dengan baik. Optimalkan pelayanan pada Pos Pengamanan, Pos Pelayanan, Pos Terpadu, dan Pos Check Point yang tergelar selama penyelenggaraan operasi,” urainya.

Selain itu juga potensi bencana alam dan gangguan kamtibmas lainnya, seperti curat, curas, curanmor, copet, pencurian rumah kosong, begal, dan hipnotis. Untuk itu pihaknya menerangkan bahwa para Kasatwil diharapkan dapat mengambil langkah pre-emtif maupun preventif yang diperlukan sehingga bisa menekan potensi yang ada. “ Agar seluruh Kasatwil dapat terus menerus berkoordinasi dengan pihak Basarnas, BMKG, dan pihak terkait lainnya, dalam upaya mengantisipasi dan mewaspadai potensi bencana alam,” tambahnya.

Dia menegaskan bahwa ancaman tindak pidana terorisme. “ Guna mengantisipasi potensi aksi terorisme, agar seluruh Kasatwil untuk terus meningkatkan kegiatan deteksi intelijen yang diimbangi dengan upaya penegakan hukum secara tegas (pre-emtif strike), melalui optimalisasi peran Satgas Anti Teror di seluruh Polda jajaran,” paparnya.

Penyematan Pita Pelaksanaan OPS PAM Ketupat Semeru 2019 Polres Malang

Disamping itu, dalam pengamanan tempat ibadah, pusat keramaian, mako Polri dan aspek keselamatan personel pengamanan menjadi perhatian penting dan laksanakan pendampingan personel dengan bersenjata ( BUDDY SYSTEM ). Dan selanjutnya ” Untuk mewujudkan keamanan secara umum, seluruh jajaran  untuk terus-menerus meningkatkan kerjasama dengan unsur TNI dan Stakeholder lainnya,” pungkasnya.

Ditempat terpisah Pasi Ops Kodim 0818 Kapten Inf Joko Sungkowo mewakili Dandim 0818 menyampaikan bahwa Apel Gelar pasukan OPS PAM Ketupat Semeru 2019 di laksanakan sebagai upaya menjaga Kamtibmas dalam hari raya Idul Fitri 1440 H baik Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran secara aman, lancar dan Kondusif, kami sebagai Apkowil di Kab. Malang-Batu akan mendukung dalam pelaksanaan OPS Pam Ketupatv Semeru 2019 untuk menjaga Kondusifitas di wilayah Kab. Malang-Batu. Pungkas Kapten Inf Joko Sungkowo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here