Kabupaten Malang merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki beragam potensi bencana alam yang lengkap. Pasalnya, kondisi geografis Malang merupakan perpaduan antara pegununungan dan lautan selain itu, Kabupaten Malang juga berada di pertemuan sesar Eurasia dan Indo-Australia, belum lagi jalur gunung berapi.

Semua jenis bencana alam, mulai gunung meletus, gempa bumi, tsunami, tanah longsor hingga banjir bisa saja terjadi di Kabupaten Malang, semua jenis bencana alam bisa terjadi Kabupaten Malang.

Pelda Nurcahyo Mewakili Pasi OPS Kodim 0818 hadiri Sosialisasi Bencal di Kec. Ngantang

Hal ini yang mendorong BPBD Kabupaten Malang berkerja sama dengan Kodim 0818 bertempat di Balai Desa Jombok Kec. Ngantang Kab. Malang Rabu, (27/02/19), mengadakan sosialisasi terpadu darurat bencana alam gunung meletus, banjir dan tanah longsor yang dihadiri oleh Kabag OPS BPBD Kab. Malang BPK Iksan, Drs Eru Suprijambodo M. Si ( Camat Ngantang ), Kapolsek Ngantang yg di wakili oleh Aiptu Kayun. Danramil 0818/04 di wakili oleh Serma Masyhudi, Pasiops Kodim diwakili Pelda Nur Cahyo, Kepala Desa Jombok Bapak Kusairi. serta tokoh masyarakat dan relawan Tagana, RAPI,dan siswa – siswi SMU KOSGORO berjumlah kurang lebih 70 orang.

Beberapa kawasan yang rentan dengan bencana, utamanya hidrometeorologi adalah Sumbermanjing Wetan, Bantur, Gedangan dan Donomulyo. didaerah utara Ngantang, Pujon serta Kasembon bencana yang sering terjadi adalah tanah longsor.

Dengan tingginya potensi bencana yang dimiliki Kabupaten Malang, Pelda Nurcahyo mewakili Pasiops Kodim 0818 Kapten Inf Djoko Sungkowo mengimbau agar masyarakat di wilayah Ngantang dan sekitarnya agar bersikap awas, tanggap dan peduli.

Peserta Sosialisasi Bencal di Kec. Ngantang

” Sosialisasi ini bukan untuk menakuti, Jika suatu saat terjadi bencana, mereka paham apa yang harus dilakukan, tidak panik dan berpikir jernih untuk menyelamatkan diri, keluarga dan masyarakat,” pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Malang selama ini telah bekerja sama dengandengan berbagai pihak baik TNI- Polri jug para relawan PMI, Orari maupun ormas yang lain dalam penanganan pertama seandainya terjadi bencana, hingga evakuasi korban, termasuk berkerja sama dengan berbagai rumah sakit yang ada di Malang Raya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here