Kodim 0818-Wujud aksi dalam mempersiapkan Kesiapsiagaan dan Kewaspadaan dalam menghadapi segala kemungkinan potensi bencana alam yang akan terjadi di wilayah Kab. Malang Jawa Timur, Kodim 0818/Wil. Kab. Malang-Batu bersama Pemerintah Kabupaten Malang didukung oleh semua pihak yang telah bergabung dalam Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Alam (Satgas Bencal) menggelar Apel Bersama Gelar Pasukan dan Perlengkapan Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Alam Hidrometeorologi, mereka siap Terjun kelapangan untuk membantu proses Evakuasi korban Bencana Alam.

Persiapan pelaksanaan apel Gulbencal Hydrometeorologi sudah fix 100% pada H-1 kemarin yang langsung di pimpin oleh Dandim 0818/Wil. Kab. Malang-Batu Letkol Inf H. Ferry Muzawwad S.IP telah mempersiapkan segala sesuatunya yang terdiri dari Persiapan Personel, Material Gulbencal serta Elemen pendukung dalam proses evakuasi bila terjadi Bencana Alam di seluruh wilayah Kab. Malang. Tampak hadir di tenda Undangan Danrem 083/ Bdj Kolonel Inf Zainuddin, Dandim 0818 Letkol Inf H. Ferry Muzawwad S.IP, Kapolres Malang AKBP YS. Ujung, Kepala Logistik BPBD Kab. Malang Pak Bagio, pejabat OPD Kebencanaan dan perwakilan Ormas Kab. Malang.

Apel di yang digelar dihalaman luar Stadion Kanjuruhan Kepanjen Malang tersebut diikuti oleh ribuan peserta lintas intansi dan stakeholder terkait kebencanaan baik TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, Dishub, BPBD, Tagana, Linmas hingga organisasi masyarakat lainnya. Pada Jumat (10/01/2020).

Bupati Malang mengambil Apel Gulbencal Hydrometeorologi 2020 di gelar di Halaman Luar Stadion Kanjuruhan Malang sedang membacakan Amanatnya

Bertindak selaku pimpinan apel adalah Bupati Malang Drs. H.M. Sanusi MM dalam amanatnya menyampaikan bahwa ” Apel Kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan dan antisipasi apabila terjadi bencana hidrometeorologi. ” Semua pihak harus menyadari memang bencana alam tidak dapat ditolak, akan tetapi yang lebih penting dari itu adalah bagaimana upaya kita bersama untuk dapat meminimalisir dampak yang akan mungkin terjadi akibat bencana alam atau yang biasa disebut dengan mitigasi bencana,” ungkap Bupati.

Di tempat berbeda Komandan Kodim 0818 Letkol Inf H. Ferry Muzawwad S.IP menuturkan, ” Kodim 0818 sebagai Satuan Komando Kewilayahan di Kab. Malang- Batu bersama stake holder kebencanaan telah membentuk Satgas bencana baik ditingkat Kodim maupun Koramil jajaran yang bisa digerakkan sewaktu-waktu untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana alam, dengan koordinasi yang telah dibentuk akan memudahkan personil dilapangan untuk dapat bertugas sesuai dengan tugas dan Fungsinya masing- masing” tandas Dandim.

Kami semuanya akan terus bekerja dengan keras untuk dapat menanggulangi Bencana agar Proses Evakuasi korban dapat berjalan dengan Cepat lancar dan sesuatu dengan Rencana yang sudah kami buat, ” Pentingnya kesadaran dan tanggungjawab bersama dalam penanganan bencana alam utamanya terkait dengan keselamatan dan mitigasi bencana di seluruh wilayah Kab. Malang, ” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pimpinan apel didampingi Dandim 0818 dan Kapolres Malang melakukan pemeriksaan pasukan dilanjutkan dengan pengecekan sejumlah peralatan maupun kendaraan operasional yang disiapkan dalam rangka penanggulangan bencana alam di Kab. Malang.(Pendim 0818).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here