Kodim 0818-Dalam rangka untuk menumbuh kembangkan semangat bela negara, wawasan kebangsaan dan kepramukaan di kalangan generasi muda sehingga akan terbentuk generasi muda yang berkarakter, Staf Teritorial Kodim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu menggelar kegiatan Pembinaan Saka Wira Kartika Terpusat di halaman Makodim 0818 Jalan Panji 11 Kepanjen Malang, Minggu (17/11/19).

Hal tersebut disampaikan oleh Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzawwad S.IP melalui Pasi Teritorial, Kapten Arh Jumawi menyampaikan bahwa tujuan Pembinaan Saka Wira Kartika ini untuk membentuk sikap mental yang bertanggung jawab sekaligus melatih kemandirian dan tanggung jawab anggota Pramuka Saka Wira Kartika.

” Pramuka Saka Wira Kartika sebagai sarana untuk membentuk generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta berjiwa ksatria demi menjaga Keutuhan NKRI,” tandasnya.

Upacara Pembukaan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0818

Melalui Kegiatan pembinaan Saka Wira Kartika ini para peserta akan dibekali berbagai pengetahuan dan keterampilan serta materi wawasan kebangsaan dan bela negara sehingga diharapkan akan terbentuk generasi muda yang memiliki jiwa patriot, setia, berbakti, menjunjung tinggi kedisiplinan dan nilai-nilai luhur bangsa serta mampu untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan demi menjaga keutuhan NKRI,” imbuh Pasi Teritorial.

Untuk diketahui kegiatan bertajuk “Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0818 Kab. Malang-Batu Semester 3 Tahun Anggaran 2019 ” kali ini mengusung tema “Melalui Kepramukaan Saka Wira Kartika TNI-AD Siap Membina Dan Membentuk Generasi Muda Bangsa Yang Berkarakter Dan Berwawasan Kebangsaan Serta Berjiwa Kesatria Guna Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Demi Menjaga Keutuhan NKRI”, diikuti 125 peserta Pramuka Penegak yang berasal dari 36 Koramil dan Posramil jajaran Kodim 0818 Kab. Malang-Batu.

Pasiter Kodim 0818 Kapten Arh Jumawi selaku penyelenggara kegiatan menambahkan, Selama kegiatan Pembinaan Saka Wirakartika ini para peserta akan menerima pembekalan materi diantaranya materi Krida PBB, Krida Navigasi Darat (Ilmu medan, membaca peta dan kompas), Wawasan Kebangsaan, Kompas Malam dan Api Unggun. Sementara untuk materi Pioneer dan Krida Penanggulangan Bencana Alam akan diberikan oleh Instruktur yang handal di bidangnya.

Kontingen SWK Koramil Pakisaji

Salah satunya Peserta dari Saka Wira Kartika Binaan Koramil 0818/ 07 Pakisaji yang mengikuti Kegiatan tersebut, melalui Babinsa 0818/ 07 Pakisaji Desa Kendalpayak Serma Lufi Erdian menyampaikan bahwa ” Melalui Kegiatan Pembinaan Saka Wira Kartika terpusat di Makodim 0818 menjadikan pengalaman baru bagi Anggota Pramuka SWK binaan Koramil Pakisaji untuk dapat ber tukar pengalaman dan pengetahuan dengan peserta lain, sehingga kedepannya akan menjadi generasi muda Indonesia yang berkarakter dan Handal untuk menjadi Pemimpin masa depan,” pungkas Babinsa Kendalpayak.

Tampak hadir dalam kegiatan sekitar 150 orang, antara lain Perwakilan dari Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Malang, Staf dari Kawan, Para Perwira Staf dan Danramil Jajaran Kodim 0818, Para Pembina/Pelatih dari jajaran Koramil 0818 dan Peserta Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0818.(Pendim 0818)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here