Kodim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu menerima kedatangan Tim Penilai Lomba Pembinaan Teritorial atau Binter Jelang pelaksanaan Lomba Binter Tingkat TNI AD untuk tingkat Kodim dari Staf Teritorial Kodam V/ Brw pada Selasa (02/07/19).

Kedatangan Tim Penilaian Lomba Binter yang di pimpin oleh Asisten Teritorial Kodam V/ Brw Kolonel Inf L. Sutikno beserta 4 orang dari Staf Teritorial Kodam V antara lain Letkol Inf M. Siagian, Letkol Inf Fifin Zudi S, Letkol Inf Budi Santoso, Mayor Inf Agus Suryono diterima langsung oleh Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzawwad S.I.P., dengan didampingi oleh Kasdim 0818 Mayor Inf Teguh Prastowo dan Perwira Staf Kodim 0818, serta Pasi Puanter Korem 083/ BDJ Mayor Inf Hendro Santiko Aji di Lobby Kodim 0818.

Tim Staf Teritorial Kodam V meninjau peserta didik Binaan dari Babinsa di Tiap Koramil jajaran Kodim 0818 yang telah sukses

Kunjungan dari Staf Teritorial Kodam V/ Brw ke Kodim 0818/ Wil. Kab. Malang – Batu sebagai wakil dari Kodam V/ Brw ke tingkat TNI AD yang rencananya akan dilaksanakan pada Tanggal 17-19 Juli 2019 mendatang. Staf Teritorial Sebagai Motor penggerak kegiatan di Satuan Kewilayahan merupakan Jantung dari Kodim dalam upaya menjalin Kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui ujung tombaknya adalah masing-masing Babinsa yang langsung terjun ke Masyarakat.

Selain itu juga tim juga meninjau tentang Administrasi dari Staf Teritorial Kodim dalam merencanakan, melaksakan dan evaluasi kegiatan Binter yang akan, sedang dan yang telah dilaksanakan sepanjang Triwulan, Semester, dan Tahunan dalam satu anggaran di tiap tahunnya.

” Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan program kerja TNI-AD Bidang Binter oleh Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil).”

Asisten Teritorial Kodam V melaksakan Rakor dan menerima Paparan dari Dandim 0818 jelang pelaksanaan Lomba Binter Tingkat TNI AD

Disampaikan oleh Ketua Tim Binter Kodam V/ Brw Kolonel Inf L. Sutikno bahwa Kegiatan lomba Binter ini sebagai sarana kompetisi antar Satkowil Tingkat Kodim khususnya dalam penyelenggaraan pembinaan teritorial baik kegiatan program maupun non program serta pembinaan satuan, sehingga diperoleh Kodim terbaik yang dapat dijadikan contoh bagi Kodim-Kodim lain.

“ Bagaimana implemantasi di lapangan terhadap program yang sudah dilaksanakan Kodim dari situ akan kita nilai sampai sejauh mana persentasi yang dilakukannya selama bertugas,” terangnya.

Ia juga menyampaikan, ada perbedaan penilaian terhadap pelaksanaan binter tingkat Kodim dari tahun sebelumnya, dimana tahun lalu menggunakan klasifikasi utama, madya dan pratama.

Sedangkan tahun ini penilaiannya terbagi menjadi 4 tipe klasifikasi Kodim, yaitu A, B, C dan D. “ Untuk klasifikasi Kodim tipe A merupakan Kodim yang berada di wilayah ibu kotanya provinsi, sedangkan klasifikasi Kodim tipe B berada di daerah perkotaan dan Kabupaten, sementara untuk kodim yang berada di pulau terluar dan daerah rawan termasuk ke dalam kategori tipe C dan D.

“ Tujuan dibuat klasifikasi 4 tipe itu agar dalam penilaian setiap satuan yang dilombakan sama kekuatan dengan kemampuannya. Karena, jika diadu dengan klasifikasi berbeda maka sudah pasti klasifikasi wilayah Kota yang menang, namun belum tentu juga maka dalam penilaian akan ditentukan siapa Kodim Terbaik dari tiap Klasifikasi dan juga akan ditentukan siapa Yang Terbaik di Tingkat TNI AD ” imbuhnya.

Dandim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu Letkol Inf Ferry Muzawwad S.I.P, mengatakan ” Kunjungan dari Asisten Teritorial Kodam V/ Brw beserta Tim dilakukan dalam rangka peninjauan kembali atas Seluruh kegiatan Teritorial yang telah dilaksanakan oleh Kodim 0818 di tiap Semesternya dalam setiap Tahun Anggaran beserta Administrasinya untuk Penilaian Lomba Binter Tingkat TNI AD yang akan di gelar pada pertengahan bulan Juli ini, ” ungkapnya.

” Semoga apa saja kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Kodim 0818 bersama instansi terkait di wilayah akan meningkatkan Sinergitas antara TNI, Rakyat dan Aparat Pemerintah dalam menjalankan Pembangunan dan mendukung Tugas Pokok TNI, ” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here