Kodim 0818-Pada perayaan Idul Adha 1441 H/ 2020 M yang digelar tahun ini seperti yang dilaksanakan setiap tahunnya, Koramil 0818/07 Pakisaji turut serta melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan Qurban yang di gelar di halaman Koramil 0818/07 Pakisaji pada hari Jumat (31/07/2020).

Idul Adha atau yang kerap di sebut Hari Raya Qurban atau Hari Raya Haji yang memiliki makna sebagai wujud Ketaqwaan dan ketaatan bagi seorang Muslim kepada perintah Allah SWT, seperti yang telah di telah di contohkan oleh Nabi Ibrahim As yang mendapatkan Wahyu untuk menyembelih putranya Nabi Ismail As, Sebagai bukti ketaatan Nabi Ibrahim kepada perintah sang Khaliq, yang pada saat pelaksanaannya qurban atas Kehendak Sang Pencipta Nabi Ismail As berubah menjadi Seekor Kambing ini adalah tanda-tanda kebesaran Sang Maha Kuasa.

Persiapan Pemotongan Hewan Kurban
Koramil 0818/07 Pakisaji gelar pemotongan hewan Kurban di Halaman Koramil

Dengan menyembelih 1 Ekor Kambing Jantan yang diklaksanakan oleh anggota Koramil 0818/07 Pakisaji dengan dibantu oleh warga sekitar Koramil mulai dari persiapan, pelaksanaan penyembelihan, pemotongan dan pemilahan daging sampai dengan pendistribusian daging hewan kurban kepada warga kurang mampu yang berada di sekitar Koramil 0818/07 Pakisaji dipimpin oleh Bati Tuud Pelda Tomy Umbarsono.

Danramil 0818/07 Pakisaji Kapten Czi Widagdo mengatakan bahwa kegiatan Penyembelihan hewan kurban ini selain sebagai kegiatan yang digelar setiap Tahunnya oleh Koramil 0818/07 Pakisaji juga sebagai wujud kepedulian Kami kepada warga kurang mampu di sekitar Koramil dengan berbagi daging Kurban kepada mereka, sekaligus menjadi sarana menjalin Komunikasi dan silaturahmi antara Kami (TNI) kepada warga di sekitar Koramil Pakisaji, ” Kami mendistribusikan daging kurban ini kepada warga kurang mampu di Sekitar Koramil 0818/07 Pakisaji sebagai wujud wujud kepedulian Sosial kepada mereka di tengah Pandemik Covid -19, dan juga menjaga Silaturahmi antara Koramil dan warga Sekitarnya,” ungkap Danramil.

“Sinergitas dalam pemotongan hewan qurban ini dilakukan oleh anggota Koramil bersama warga sekitar yang diawali dari persiapan, pelaksanaan penyembelihan, pemotongan dan pemilahan daging sampai dengan pendistribusian daging hewan kurban kepada warga kurang mampu yang berada di sekitar Koramil 0818/07 Pakisaji yang di pimpin oleh Batuud,” jelas Danramil.

Pemotongan hewan Kurban
Proses Pemotongan hewan Kurban di Koramil Pakisaji dibantu warga sekitar

Acara yang dihadiri oleh warga sekitar Koramil, Ketua RT dan RW setempat tersebut mengajak masyarakat untuk mempererat tali silaturahmi dan menjaga ukhuwah Islamiah. ” Ya namanya juga gerakan Persaudaraan, jadi sesama muslim kita saling menjaga persaudaraan, sekaligus juga sebagai ajang berbagi kepada mereka yang membutuhkan,” kata Batuud Pelda Tomy di sela – sela kegiatan pendistribusian hewan kurban.

” Nanti daging qurban ini akan disalurkan ke masyarakat yang kurang mampu di sekitar wilayah Koramil Pakisaji dan beberapa warga binaan termasuk anggota Komunitas Disabilitas Kartika Mutiara Pakisaji yang tersebar di 12 Desa SeKecamatan Pakisaji Kab. Malang Jatim, semoga Daging Kurban ini bermanfaat bagi mereka,” tuturnya.

“ Saya harapkan Kegiatan Qurban ini kedepannya bisa terus dilaksanakan bersama warga sekitar dan dapat terus bekerjasama dengan baik, apalagi kegiatan sekarang yakni Hari raya Qurban, merupakan salah satu bentuk Ibadah, dan bisa menjadi berkah bagi warga sekitar khususnya warga kurang mampu,” tandasnya.(Pendim 0818)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here