KORAMIL 0818/28 KARANGPLOSO

PROFIL KECAMATAN KARANGPLOSO

SELAYANG PANDANG
Koramil 0818-28

Luas wilayah Kecamatan Karangploso 5.957.898 Ha, Lokasinya terletak di sebelah barat laut Kota Malang sebuah kecamatan yang menjadi jalan pintas dari Surabaya menuju kota Batu, batas wilayah Kecamatan Karangploso Di sebelah utara, Kelurahan Karangploso berbatasan langsung dengan Kecamatan Singosari. Sedangkan di sebelah timur, kecamatan ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Singosari dan Kota Malang. Di sebelah selatan, Kecamatan Karangploso berbatasan dengan Kecamatan Dau, dan Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Lalu, di sebelah barat, Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Bumiaji, Kota Batu

Di kecamatan Karangploso terletak Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur (BPTP JATIM), Balai Penelitian Tanaman Tembakau dan Serat (Balittas), yang merupakan balai penelitian nasional di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementrian Pertanian RI, Terdapat juga Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk memantau perkiraan cuaca di sekitar Jawa Timur, di Karangploso juga merupakan lokasi Pusat Pendidikan Artileri Pertahanan Udara(PUSDIK ARHANUD) dan Markas Batalyon Kesehatan Divisi 2 Kostrad

Sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, Berkembangnya pabrik-pabrik di wilayah kecamatan ini juga mempengaruhi peralihan mata pencaharian warga yang tadinya buruh tani menjadi karyawan pabrik. Sektor peternakan juga menjadi produk andalan Kecamatan Karangploso. Sapi perah yang menghasilkan susu segar menjadi aset potensial bagi kecamatan ini. Menariknya, susu segar hasil sapi-sapi yang dirawat warga menjadi pemasok bagi perusahaan-perusahaan susu kemasan di wilayah Jawa Timur. Susu-susu segar ini terlebih dulu disetorkan melalui KUD setempat untuk kemudian dikirim ke pabrik-pabrik susu hingga ke luar Malang.

Desa Tawangargo dan Desa Bocek merupakan desa dengan kultur agraris yang masih sangat kental. Buktinya, Desa Tawangargo menjadi sentra penanaman hortikultura, terutama sayur-mayur terbesar keempat di area Malang Raya setelah Kota Batu, Kecamatan Pujon, dan Kecamatan Poncokusumo. Sementara itu, Desa Bocek sendiri merupakan sentra penanaman cabe besar selain Kecamatan Pujon dan Kecamatan Dau.

Objek wisata andalan di kecamatan Kecamatan Karangploso adalah Rest Area, yang berfungsi sebagai tempat untuk persinggahan bagi para wisatawan yang hendak berwisata ke Kabupaten Malang, Kota Malang, ataupun Kota batu. Tempat ini menyediakan banyak fasilitas umum bagi wisatawan yang kebetulan mampir. Letaknya di Desa Donowarih, tepatnya sebelah barat Kantor Kecamatan Karangploso.

MUSPIKA KARANGPLOSO

Camat

Dyah Ekawati N, W.SH.Msi

Danramil

Kapten Arm Supiyarto

Kapolsek

AKP Effendy BW

ARTIKEL KARANGPLOSO

TESTIMONI

"Keberadaan Koramil adalah sebagai upaya deteksi dini dari ancaman terhadap bangsa dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia"

Ferry Muzawwad, S.I.P.

Dandim 0818

"Babinsa adalah prajurit hebat yang merupakan ujung tombak di wilayah dengan kemampuan yang sangat kompleks"

Teguh Prastowo

Kasdim 0818

CUACA

Karangploso
light rain
24.1 ° C
24.1 °
24.1 °
85 %
7.2kmh
40 %
Sun
23 °
Mon
25 °
Tue
25 °
Wed
25 °
Thu
25 °