Kodim 0818-Bertempat di salah satu Rumah yang digunakan sebagai Pusat Pengolahan Sampah (Bank Sampah dan Pemukiman) bernama “MUSAUWIR FAJAR” (MUFAS) yang di kelola oleh saudara Atim Ketua Rw 10 Dusun Krajan Barat Desa Sumber Ngepoh Kec. Lawang dalam rangka Pelaksanaan kegiatan Penilaian Lomba Desa BERSERI (Bersih dan Lestari) se-Kecamatan Lawang yang diadakan oleh Pemerintahan Kecamatan Lawang Kab. Malang, pada hari Senin (29/10/18).

Koramil Lawang
Kunjungan Tim Penilai Desa BERSERI se-Kec. Lawang

Desa Bersih dan Lestari (Berseri), merupakan kegiatan untuk memacu pengelolaan lingkungan yang berbasis partisipasi Pemerintahan Desa beserta aparaturnya dan masyarakat di tingkat RW, yang didukung oleh Kader-kader lingkungan di masing-masing desa. Kegiatan ini berkaitan erat dengan Program Berseri di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Program Desa Berseri (Bersih dan Lestari) adalah Salah satu program Pemerintah Propinsi Jawa Timur di bidang Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya kesadaran warga dan menambah pengetahuan serta wawasan masyarakat desa dalam upaya pelestarian lingkungan hidup sehingga dapat terwujud desa yang bersih, sehat, lestari dan asri. Adapun Kriteria Penilaian dan Prosentase masing-masing komponen pada lomba Desa Berseri yaitu:

  1. Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat (40%): Penilaian pada pembentukan kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat, Program kerja kader dalam Bidang Lingkungan, Aksi advokasi dan provokasi lingkungan dalam peningkatan kesadaran masyarakat, Penguatan kelembagaan/ capacity building, Pembiasaan perilaku ber-budaya lingkungan dan sanksi yang diberikan, Penghargaan/ prestasi yang diperoleh Desa/ Kelurahan.

2. Pengelolaan Lingkungan Hidup (30%): Bentuk kegiatan pada upaya pengelolaan sampah, Penyediaan Fasilitas Pengolahan Sampah, Kegiatan Daur Ulang Sampah, Proses pengolahan dan Pemanfaatan sampah untuk kompos, Pembiasaan perilaku berbudaya lingkungan, Keterlibatan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, Pengelolaan sanitasi, Upaya mengurangi pencemaran udara misalnya dengan tidak membakar sampah, Kemitraan dengan pihak luar (Pemerintah, Institusi Pendidikan LSM, Swasta dll) dalam Pengelolaan Sampah, Pengelolaan TPS.

3. Pengelolaan Sumber Daya Alam (20%): Pengelolaan terhadap Sumber Daya Alam (SDA) berupa upaya keterlibatan masyarakat dalam ikut menjaga dan melestarikan sumber daya alam, Upaya penghematan sumber daya alam, Peraturan tertulis dan tidak tertulis tentang penyelamatan SDA, Upaya tanggap darurat bencana, Penghargaan dalam upaya penyelamatan sumber daya alam, Upaya penyelamatan sumber daya alam di Desa, Pemakaian teknologi ramah lingkungan dalam upaya penyelamatan sumber daya alam.

4. Presentasi (10%) Penyampaian materi Desa Berseri yang meliputi Profil Kelurahan, Kegiatan lingkungan, Program Kerja Kader Lingkungan serta Inovasi-inovasi yang dilakukan oleh warga desa di bidang lingkungan.

Desa Wonorejo Lawang
Sinergitas TNI-Polri dalam Lomba DESA BERSERI Tingkat Kec. Lawang

Sehubungan dengan lomba desa Berseri Tingkat Provinsi maka dilaksanakan Lomba Desa Berseri Tingkat Kecamatan Lawang yang nantinya keluar sebagai pemenangnya akan dikirim mengikuti Lomba Desa Berseri Tingkat Kabupaten.

Dari Hasil monitoring dan penilaian Tim Juri Kecamatan yang dipimpin oleh Camat Lawang Drs. Eko Wahyu Widodo MSi, Kades Wonorejo Bapak Kasemin, Sekdes Wonorejo Bapak Mustakim dan Perangkat Desa Wonorejo, Babinsa Koramil 0818/ 27 Desa Wonorejo Serda Murham, Bhabinkamtibmas Desa Wonorejo Brigadir Mas Edi Efendi, Kasatgas Linmas Desa Wonorejo Bapak Sudari dan anggota linmas, Ibu Ketua PKK dan Anggota Desa Wonorejo.

Semoga segala yang sudah dipersiapkan dalam lomba Desa Berseri Tingkat Kecamatan Lawang semoga dapat terus berkembang dan menginspirasi Desa–desa lainnya untuk lebih giat dalam pengelolaan lingkungan serta terwujudnya lingkungan yang bersih, asri dan sehat menuju masyarakat Kecamatan Lawang yang Sejahtera.

Desa Wonorejo
Mendukung segala kegiatan di Wilayahnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here