Kodim 0818-Pada hari Minggu,(23/9/18) bertempat di Balai Desa Gampingan Kecamatan Pagak Kabupaten Malang, telah di laksanakan kegiatan Musyawarah Desa ( Musdes ) yang membahas Rencana Pembangunan Desa Tahun 2019.

Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) Desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbang Desa dilaksanakan setiap bulan Januari dengan mengacu pada RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah/ selama 6 Bulan) Desa. Setiap Desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

Koramil 0818/ 10 Pagak
Sambutan Danramil 0818/ 10 Pagak pada Kegiatan Musdes Gampingan Kec. Pagak

Musrenbang adalah forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu Pemerintah Desa, bekerja sama dengan warga dan para pemangku kepentingan lainnya. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan Desa, dengan cara memotret potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik dari dalam maupun luar Desa.

Hadir dalam kegiatan Musdes Gampingan Muspika Kec. Pagak, Kades Gampingan, Babinsa Gampingan Serda Andri, Bhabinkamtibmas Desa Gampingan, Ketua BPD, lPMD, Ketua RT/ RW se-Desa Gampingan, Guru ngaji, Imam tahlil se-Desa Gampingan serta Masyarakat Desa Gampingan yang hadir 200 orang.

Koramil 0818/ 10 Pagak
3 Pilar Pemerintahan Kecamatan Pagak

Kepala Desa Gampingan Ibu Hj. Ila Husna mengatakan “Pada tahun ini pemerintahan Desa Gampingan dengan bantuan kucuran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) melaksanakan pembangunan gorong-gorong saluran air dan perbaikan Saluran yang rusak, pengerasan jalan, Posyandu serta pelatihan Kader Posyandu, terangnya.

Camat Pagak Bapak Hari Krispriyanto S.Sos, MSi, mengata -kan “Musyawarah perencanaan pembangunan Desa ini berdasarkan Permendagri no. 114 tentang Perencanaan Pembangunan Desa yang di laksanakan pada bulan Juli hingga September tentang RKP (Rencana Kerja Pembangun -an). Pelaksanaan pembangunan yang baik harus di laksana -kan dengan matang dalam perencanaannya, Sebab kucuran Dana Desa (DD) ini tidak hanya dengan pembangunan fisik aja tapi meliputi berbagai item antara lain BUMDES (Badan Usaha Milik Desa), Pemberdaya -an, Perekonomian, Kesehatan, dan lain sebagainya, terangnya.

Kapten Czi Supaat mengatakan ” Kepada Kepala Desa agar pelaksanaan pekerjaan pem-bangunan di Desa harus sesuai dengan RKP dan RKJM Desa Gampingan dan yang ter-penting adalah disesuaikan dengan APBDesnya, jangan sampai dalam perencanaan RKP dan RKJM jauh diluar dari APBDes karena hal tersebut harus di revisi APBDesnya, jadi sebelum memutuskan pelaksanaan pengerjaannya harus benar-benar sudah di prioritas Sesuai dengan kegunaanya” ungkapnya.

Diakhir pelaksanaan Musdes Desa Gampingan diadakan Foto bersama 3 Pilar Kecamatan Pagak sekaligus Perkenalan Danramil 0818/ 10 Pagak yang baru Kapten Czi Supaat yang telah Resmi menjabat Danramil 0818/ 10 Pagak menggantikan Kapten Kav Sugianto sejak hari Jumat (21/9/18). “Semoga di tempat tugas yang baru Danramil 0818/10 Pagak yang baru dapat lebih dekat dengan masyarakat dan bekerjasama lebih Optimal memajukan Kecamatan Pagak yang Kita Cintai” ungkap Camat Pagak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here