Kodim 0818-Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di berbagai tempat lainnya di wilayah Indonesia hampir terjadi silih berganti, dan terjadi pula di wilayah Kab. Malang-Batu yakni di kawasan hutan lindung Gunung Panderman dan Gunung Arjuna yang terjadi beberapa waktu lalu. hal tersebut menjadi dasar bahwa di musim kemarau ini selain suhu panas dan cuaca yang acapkali berubah sehingga mengakibatkan mudahnya api cepat berkobar melalap apa saja yang ada di sekitarnya.

Untuk mencegah hal demikian maka Jajaran Muspika Bantur termasuk Perhutani, dan pejabat terkait lainnya menggelar kegiatan Patroli Bersama cegah Karhutla di hutan kawasan Desa Srigonco Kec. Bantur Kab. Malang, yang dihadiri 30 orang, pada Senin (12/08/19).

Apel personil Patroli bersama Cegah Karhutla di Kec Bantur

Sebelum melaksanakan patroli diadakan apel personel di pimpin oleh Kapolsek Bantur AKP Yatmo SH dan Danramil 0818/ 12 Bantur Kapten Arm Eddy Purwanto kemudian dilaksanakan Koordinasi singkat tentang pelaksanaan patroli oleh Kepala Perhutani Bapak Sukiyat dan dimulai Patroli bersama.

Patroli Karhutla ini dilaksanakan menyusuri hutan di Desa Srigonco Kec. Bantur dengan menggunakan sepeda motor, tim menyusuri kawasan semak belukar hingga ke kawasan hutan dari Petak ke petak hingga berakhir kembali ke Kantor Perhutani wilayah Desa Srigonco.

Danramil 0818/ 12 Bantur Kapten Arm Eddy Purwanto mengatakan bahwa ” Patroli ini digelar untuk mencegah Karhutla yang terjadi beberapa waktu ini di daerah lain, semoga dengan ini dapat mencegah hal tersebut dan pihaknya juga sekaligus menghimbau kepada warga untuk menjaga hutan serta mencari para pelaku pembakaran lahan. Bila kedapatan ada warga yang melakukan pembakaran, maka akan berhadapan dengan hukum, ” ungkapnya.

” Dengan kegiatan patroli yang kita lakukan, diharapkan dapat mencegah terjadinya kebakaran lahan. Karena karhutla akan memberikan dampak besar bagi kesehatan dan perekonomian masyarakat,” tegas Danramil.

” Selain patroli pencegahan karhutla, kita juga mencari pelaku pembakar lahan. Bila ada yang melakukan pembakaran akan kita amankan dan diproses sesuai hukum yang berlaku, mereka juga sekaligus mengimbau masyarakat agar ikut berperan dalam pencegahan karhutla di wilayah hukum Kec. Bantur,” ulas Danramil.

Patroli bersama cegah Karhutla Kec. Bantur

Hal senada juga di sampaikan oleh Kepala Perhutani wilayah Bantur Bpk. Sukiyat, menyampaikan Terima kasih kepada muspika Bantur yang telah mengapresiasi kegiatan Patroli bersama Cegah Karhutla di Kec. Bantur, “ Kami ingin masyarakat dapat berperan aktif guna melakukan pencegahan karhutla, makanya sasaran patroli kami arahkan pada beberapa titik hutan, lahan perkebunan dan pertanian masyarakat yang dianggap rawan kebakaran,” ungkapnya.

Dan kami akan menindak tegas secara hukum bila ada pelaku pembakaran hutan yang dengan sengaja membuka lahan dengan cara di bakar, serta pihaknya selalu berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk pihak kepolisian untuk melakukan pencegahan melalui patroli terpadu.

“ Kerjasama ini terus kami lakukan untuk memberikan imbauan pada masyarakat agar dapat memahami apa yang menjadi atensi pemerintah pusat, termasuk upaya pencegahan Karhutla di wilayah, ” pungkasnya.

Kegiatan di ikuti antara lain Danramil 0818/ 12 Bantur Kapten Arm Eddy Purwanto beserta anggota, Kapolsek Bantur AKP Yatmo SH, beserta anggota, Plh. Camat Bantur Drs. Sugeng M.Pd. beserta anggota, Kepala Perhutani wilayah Bantur Bpk. Sukiyat bersama anggota, Kepala Desa Srigonco Bpk. Bambang Setyawan beserta perangkat, dan Kepala Unit PD. Jasa Yasa Bpk. Yasdi beserta anggota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here