Kodim 0818-Dalam rangka mengisi kegiatan Minggu militer pada Bulan Januari 2019, Anggota Kodim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu melaksanakan Rangkaian latihan Minggu Militer yang terdiri dari Senam Winchun, Permildas, dan Sosialisasi Garjas terbaru dari Staf Operasi Kodim 0818 yang dilaksanakan di lapangan Apel Makodim 0818 Jalan Panji 11 Kepanjen Malang, pada hari Kamis (24/01/19).  

minggu militer
Apel pagi sekaligus pembukaan Minggu militer Kodim 0818

Disela kegiatan, Perwira Seksi Operasi Kodim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu Kapten Inf Joko Sungkowo mengatakan bahwa ” Selain untuk melaksanakan jadwal minggu militer yang sudah diprogramkan dari satuan atas, kegiatan Minggu Militer yang dilaksanakan setiap bulan di minggu terakhir merupakan kegiatan program kerja bidang latihan sebagai sarana untuk back to basic prajurit dalam memelihara kemampuan dasar-dasar keprajuritan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengingatkan kembali Peraturan Militer Dasar (Permildas) yang pernah diterima sejak menjadi anggota TNI,” ujarnya.   

Pelaksanaan Senam WingChun sebelum Memeulai Minggu Militer Kodim 0818

“ Meskipun dalam kesehariannya, personel Kodim 0818 melaksanakan pembinaan di tiap wilayah, namun jati diri serta kemampuan dasar militer harus tetap terjaga dan terbina, sehingga disiplin para prajurit tidak luntur atau kendur, ” tambahnya.

Senam Wingchun dipimpin BaminOps Kodim 0818

Lebih lanjut disampaikan Pasi Ops, profesionalitas prajurit dapat dilihat dari sikap, disiplin, loyalitas, serta militansi yang ditunjukkan dalam kesehariannya, untuk itu latihan PBB ini merupakan bagian dari pemeliharaan disiplin prajurit sekaligus untuk membentuk karakter serta mental prajurit.

Lebih lanjut Ia menegaskan, sebagai satuan kewilayahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat materi PBB ini sangat penting dan harus dikuasai oleh seluruh prajurit TNI, untuk selanjutnya diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas-tugas dilapangan, yang diantaranya melatih anak-anak sekolah, melatih Linmas, ataupun melatih pegawai kelurahan yang pada umumnya masih awam dalam pengetahuan tentang baris berbaris.

” Diharapkan melalui kegiatan Minggu Militer ini dapat melatih serta membina dan meningkatkan disiplin prajurit baik perorangan maupun tingkat satuan sehingga terbentuk prajurit yang profesional dan disiplin serta siap dalam mengemban tugas pembinaan di desa binaannya,” paparnya.

Sosialisasi Garjas Baru oleh Staf Ops Kodim 0818

staf ops
Batisi OPs Kodim 0818 berikan Sosialisasi pelaksanaan Garjas terbaru
sosialisasi

Latihan ini juga untuk menunjang kesiapan Prajurit dalam menghadapi tantangan tugas kedepan, karena tugas yang dihadapi oleh Prajurit tidak akan semakin ringan dan justru sebaliknya akan bertambah berat, hal ini seiring dengan perkembangan situasi yang dihadapi saat ini semakin kompleks sehingga setiap Prajurit dituntut untuk selalu siap baik secara fisik maupun secara mental agar bisa melaksanakan tugas dengan maksimal.

“Untuk seluruh Anggota agar lebih semangat dalam melaksanakan latihan ini, karena ilmu-ilmu baik itu tentang Permildas, maupun tentang ilmu kemiliteran lainnya akan lupa jika tidak dilatih dan diperhatikan.” Pungkasnya.

Pelaksanaan Materi Minggu Militer Kodim 0818

minggu militer Kodim
Pelaksanaan Materi Permildas
Pbb Kodim
Pelaksanaan Materi Permildas
Pelaksanaan Materi KESLAP
Pelaksanaan Materi KESLAP

Kapten Inf Yuyud

Pelaksanaan Materi IMPK (Navigasi Darat)
Pelaksanaan Minggu Militer Kodim 0818

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here