Kodim 0818-Untuk menjaga Profesionalisme Prajurit selain dilaksanakan Kegiatan Minggu Militer yang di gelar setiap Sebulan di minggu ke-4, serta Uji Terampil Perorangaan dan Uji Terampil Jabatan di tiap Triwulan serta memelihara kemampuan menembak di setiap Triwulannya, seperti yang di laksanakan pada kesempatan ini yaitu Kegiatan Latihan Menembak Senjata Ringan (LATBAKJATRI) Triwulan III TA. 2019, yang digelar di lapangan tembak PT. PINDAD Turen Kel. Sedayu Kec. Turen Kab. Malang yang dimulai pada hari Selasa-Kamis (10-12/ 09/19), dari jam 08.00 WIB sd 11.30 WIB setiap harinya sampai hari Kamis mendatang dilaksanakan oleh seluruh anggota Prajurit Kodim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu dengan diikuti oleh 255 orang pelaku ( selama 3 hari= 765 orang) dan pendukung DPP Kapten Inf Sapardi selaku Danramil 0818/ 06 Sumberpucung sebagai Komandan Latihan (Danlat).

Pelaksanaan Lat Bak Jatri TW. III prajurit Kodim 0818 di Latbak PT Pindad Turen Malang

Dijelaskan Dandim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu Letkol Inf H. Ferry Muzawwad S.I.P., latihan dimaksudkan untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan prajurit dalam bidang keterampilan menembak, yang mana latihan dilaksanakan secara berjenjang dan berkelanjutan. “ Tujuan dari latihan menembak ini adalah untuk memelihara serta meningkatkan keterampilan menembak para prajurit, sehingga latihan ini kita laksanakan rutin setiap 3 bulan sekali dalam 1 TA. 2019,” jelas Dandim.

Diharapkan dengan latihan yang berjenjang dan rutin dilaksanakan maka kemampuan para prajurit juga akan meningkat dan terpelihara dengan baik.

Penyelenggaraan Lat bak Pistol oleh Perwira staf dan Danramil jajaran Kodim 0818

Sementara itu, Pasi Ops Kodim 0818 Kapten Inf Djoko Sungkowo selaku Wasev dalam kegiatan tersebut menyampaikan, agar dalam penyelenggaraan kegiatan menembak selalu berpedoman pada buku Garlat (Penyelenggaraan Latihan) karena menurutnya, latihan menembak memiliki resiko yang sangat tinggi. “ Saya berpesan kepada penyelenggara latihan, agar dalam melaksanakan kegiatan menembak ini selalu berpedoman pada buku Garlat, sehingga tidak akan terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, karena latihan ini sangat berisiko tinggi,” tandasnya.

Latihan menembak yang dilaksanakan terbagi menjadi dua bagian, yaitu menembak dengan menggunakan senjata laras panjang (M.16-A1) dan senjata laras pendek ( Pistol P1). Latihan menembak dengan menggunakan senjata ringan ini target sasarannya sejauh 100 meter terbagi dalam posisi tiarap, dan untuk senjata laras pendek dengan jarak 15 meter.

Latbakjatri dengan susunan Organisasi Latihan antara lain Kapten Inf Sapardi selaku Danramil 0818/ 06 Sumberpucung menjabat sebagai Danlat, Kapten Inf Sri Sukarmanto selaku Danramil 0818/ 25 Pakis menjabat sebagai Wadanlat, Kapten Inf Suwarno selaku Danramil 0818/ 11 Donomulyo menjabat sebagai Koordinator Materi Bak Pistol, dan Kapten Arm Abd. Kodir selaku Danramil 0818/ 26 Singosari menjabat sebagai Koordinator Materi Menembak Senapan.

Peninjauan hasil Tembakan Pistol oleh peserta

Kegiatan yang diawali dengan pengecekan personel oleh anggota Staf Ops Kodim 0818 dilanjutkan dengan Apel pagi diambil oleh Danlat Kapten Inf Sapardi Danramil 0818/ 06 Sumberpucung, dan pengarahan oleh Pakorbak M-16 A1 oleh Kapten Arm Abd. Kodir Danramil 0818/ 26 Singosari selaku Koordinator Materi Menembak Senapan, serta pelaksanaan senam Pagi dan di mulai pelaksanaan Menembak Dasar Senapan sesuai dengan urutan Gelombang dan pelaksanaan Latihan menembak senjata ringan gelombang pertama dimulai sampai dengan 25 gelombang,yang di akhiri pada Pukul 11.30 WIB rangkaian kegiatan latihan menembak senjata ringan Kodim 0818 Kab. Malang – Kota Batu Triwulan III TA. 2019 selesai dan dilanjutkan sampai hari Kamis mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here