Keripik nangka adalah salah satu favorit bagi para pecinta kuliner Nusantara khususnya pada jenis produk makanan kering atau makanan ringan. Rasa dan aroma buah nangka memang sangat kuat, walaupun sudah diproses menjadi bentuk buah kering atau keripik nangka, tetapi cita rasa dari buahnya masih tetap melekat.

Home industri
Proses awal pengolahan Keripik Nangka ” Virgo”

Pemanfaatan dari buah nangka ketika sudah matang menjadi kuliner beragam variasinya, sebagai campuran es buah, es dawet, es cream, atau kolak nangka sungguh menyegarkan karena aroma Khasnya. Dodol yang memakai bahan buah nangka saat ini juga sudah banyak dijual, bahkan ada juga yang diolah menjadi bentuk roti bolu nangka serta menjadi Keripik Buah nangka yang menggoda lidah.

Home industri
Pengholahan secara manual dan bersama-sama menjadi Faktor utama dalam Proses Produksi

Buah Nangka kaya akan kandungan gizi dan vitamin serta membantu mengatasi masalah pencernaan, Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Meningkatkan kesehatan Kardiovaskular, Mengendalikan diabetes, Meningkatkan kesehatan pada sistem pernafasan, Menjaga kesehatan Kulit, dan Meningkatkan Metabolisme Tubuh.

Dengan kayanya kandungan gizi, vitamin dan manfaat yang terdapat pada buah nangka tersebut telah membuat seorang Ibu Rumah Tangga, Giniwati (59 Tahun) warga Desa Mangliawan Kecamatan Pakis dengan niat dan tekad yang kuat mendirikan usaha keripik buah nangka pada tahun 2011 lalu, pada awalnya usaha tersebut dimulai dengan mempekerjakan tenaga karyawan 2 orang,  berkat dukungan usaha dan motivasi Babinsa Koramil 0818/ 25 Pakis Desa Mangliawan Serda M. Munirul, usaha keripik nangka tersebut berkembang pesat hingga kini mampu mempekerjakan karyawan sebanyak 35 orang.

Dengan prinsip Simbiosis mutualisme (hubungan kerja sama yang saling menguntungkan) Giniwati bekerja sama dengan Babinsa Desa Mangliawan, Serda M. Munirul secara aktif melakukan pendampingan dan terjun langsung membantu sebisanya sambil belajar berwirausaha dan juga sebagai sarana komunikasi sosial, serta mendorong agar usaha keripik nangka Ibu Giniwati untuk lebih maju lagi sehingga dapat menyerap tenaga kerja untuk mengurangi pengangguran di sekitar tempat tinggalnya karena semakin banyaknya masyarakat yang produktif, akan tercipta lapangan kerja bagi warganya, sehingga akan mampu menghidupi diri dan keluarganya.

Tidak tanggung-tanggung kapasitas produksi keripik nangka merk Virgo milik Ibu Giniwati yang beralamatkan di Jalan Kapi Woro 1 RT 02 RW 11 Desa Mangliawan Kecamatan Pakis tersebut hingga kini telah mencapai kapasitas produksi sekitar 1,5 Ton/ Bulan, Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku buah nangka, selain didatangkan dari wilayah Malang Ibu Giniwati juga menjalin kerjasama dengan Koperasi usaha buah nangka di Kabupaten Semarang Jawa Tengah.

Selain memproduksi keripik nangka yang diprakarsai oleh Babinsa Mangliawan Ibu Giniwati juga memanfaatkan limbah buah nangka yang sudah tidak digunakan untuk di jual sebagai makanan tambahan sapi ternak, agar sapi perah maupun sapi potong akan meningkat hasil produksi susu sapi dan menambah berat badan dari sapi itu sendiri sehingga akan meningkatkan hasil penjualan sapi potong di masa hari raya qurban.

“Sudah menjadi komitmen sebagai Aparat Teritorial untuk selalu mendukung sepenuhnya kegiatan positif yang ada di masyarakat sehingga membantu meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pemanfaatan limbah selama ini belum dikelola secara maksimal.” Ujar Serda M. Munirul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here