KODIM-0818.ID-Sertu Heru Purnomo sehari-hari sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Taji, Koramil 0818/ 23 Jabung, Kabupaten Malang.

Disela-sela aktifitasnya, Sertu Heri mampu membuat terobosan baru dengan menggunakan kulit biji kopi menjadi Teh herbal. Teh buatan Sertu Heri, terbuat dari kulit biji kopi. Teknis mengolah kulit kopi ini, biasa disebut dengan Teh Cascara yang memiliki berbagi khasiat. 

Teh Cascara ini merupakan herbal yang terbuat dari kulit buah kopi. Fungsi atau kegunaan teh dari biji kopi sebagai pencahar untuk sembelit, dan pengobatan batu empedu, penyakit hati, dan kanker, ungkap Sertu Heri.

Cara memproduksi teh dari biji kopi sederhana. Biji kopi yang telah dikeringkan selama beberapa hari di bawah sinar matahari langsung, kemudian dijahit dan dibersihkan antara kopi dan kulitnya dengan menggunakan mesin.

Kami keringkan biji kopi selama satu bulan, agar benar-benar kering, kemudian dilakukan dengan  kopi menggunakan mesin huller, paparnya.

Setelah memilih dari biji kopinya, biji kopi (Kacang Hijau) tersebut kemudian dikemas dalam kemasan plastik dan ditimbang beratnya.

Penemu Teh Casrasa
Sertu Heri P dan Kopi Babinsa

Untuk cara penyajiannya pun sangat mudah. Yakni ambil 5-7 biji Teh Cascara yang sudah jadi dituang ke dalam gelas ukuran 150 ml, kemudian diseduh dengan udara panas mendidih. Teh Cascara pun siap dinikmati. Kalau soal rasanya ya seperti teh pada umumnya.”Tapi ada uniknya, saat diminum akan terasa rasa manis dan asam”, Ujar Sertu Heri. Teh Cascara saat ini dimulai oleh masyarakat luas. Namun, pihaknya dalam menerima pesanan untuk wilayah Malang, sampai Kualahan.

Memang banyak Permintaan seperti dari Jakarta dan Belanda, tapi karena jumlah yang tersedia di pihak produsen maka banyak yang kami tolak karena keterbatasan Stok dan bahan baku.

Teh Cascara ini dibandrol dengan harga terjangkau dari petani, sehingga baik petani dan semua golongan dapat menikmati manfaat dari Kopi dan Teh Casrasa papar Sertu Hari Purnomo. (By Pendim0818)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here