Kodim 0818-Untuk menggiatkan motivasi warga di wilayah Kabupaten Malang dalam meningkatkan keamanan serta mempererat hubungan silaturahmi antar warga dalam satu desa, maka Pemda Kab. Malang bersinergi dengan Kodim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu dan Sat Binmas Polres Malang serta instansi terkait lainnya menggelar Lomba Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) tingkat Kabupaten Malang yang diadakan di beberapa di wilayah Kab. Malang, salah satunya di gelar di Kec. Wagir dengan bertempat di Desa Sitirejo Kec. Wagir Malang pada Senin (29/04/19), yang dimulai pada pukul 08.45 WIB sd selesai.

Kegiatan Siskamling merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan masyarakat rukun tetangga atau Pam swakarsa dalam rangka menumbuhkan kesadaran terhadap warganya tanpa paksaan untuk menciptakan situasi aman, nyaman dan tentram. Siskamling juga merupakan tindak lanjut dan partisipasi aktif bela negara dalam hal keamanan di lingkungan di masyarakat.

Lomba Siskamling tingkat Kab. Malang di Desa Sitirejo Wagir

Hadir dalam Kegiatan tersebut Kepala Satpol PP Kabupaten Malang Bpk. Gatot, Sekcam Wagir Bpk Bambang, Bpk. Murosih dari Korem 083, Staf Satpol PP Kab. Malang Bpk. Mulyono, Staf Ops Kodim 0818 Pelda Nurcahyo, Sat Binmas Polres Malang Aiptu Fitri, Kanit Binmas Polsek Wagir Aiptu Purwanto, Babinsa Koramil 0818/ 08 Wagir Desa Sitirejo Pelda S. Tjaraka, Bhabinkamtibmas Desa Sitirejo Bapak Doni W, Perangkat Desa Sitirejo, Linmas Desa Sitirejo, Tomas, Toda serta perwakilan 75 orang warga Desa Sitirejo

Desa Sitirejo dipilih sebagai perwakilan untuk mengikuti lomba Siskamling tingkat Kabupaten Malang dan sekaligus sebagai tempat berlangsungnya perlombaan tersebut. Kegiatan yang digelar ini bertujuan untuk meningkatkan semangat warga  untuk melaksanakan Ronda Siskamling.

Sat Binmas Polres Malang Aiptu Fitri menyampaikan, Perlombaan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan semangat kepada warga guna mengaktifkan dan mendongkrak kembali kegiatan Siskamling di tengah masyarakatnya. Karena di beberapa daerah kegiatan Siskamling ada kecenderungan menurun sehingga perlu upaya penggalakan kembali, mengingat Kamtibmas adalah tanggung jawab kita bersama.

Menurutnya “ Keamanan di wilayah Kec. Wagir khususnya di Desa Sitirejo merupakan kebutuhan dan keinginan kita semua, besar harapan yang sudah dilaksanakan agar bukan hanya pada saat penilaian saja namun berkelanjutan agar lingkungan di tingkat RT dan RW aman dan nyaman,” ungkap Aiptu Fitri dari Sat Binmas Polres Malang.

Adapun beberapa kegiatan dan komponen penilaian dalam Lomba Siskamling tingkat Kabupaten Sleman adalah sarana dan prasarana Poskamling, kesadaran masyarakat untuk ikut ronda, administrasi seperti daftar hadir ronda, kebersihan serta tingkat keamanan di Desa tersebut.

Dalam penilaian pos kamling Juri melakukan peninjauan perlengkapan beserta administrasinya, personil yang melaksanakan ronda termasuk fungsi dan tugasnya masing-masing, pengecekan cara membunyikan kentongan dan simulasi penangkapan pencuri oleh awak kamling, simulasi penanganan kebakaran kompor dan rumah, melumpuhkan pelaku pencurian/ curanmor dan aksi kriminal lainnya yang selama ini meresahkan warga serta pertolongan pertama terhadap orang yang hendak melahirkan.

Dengan menjalankan ronda kampung secara bergiliran atau terjadwal sesuai hasil musyawarah kesepakatan bersama. Karena dengan di tingkatkannya Pam swakarsa atau Siskamling ini dapat mendeteksi sejak dini, menangkal dan mencegah timbulnya berbagai tindak kejahatan serta mempersempit gerak pelaku kejahatan.

Babinsa Koramil 0818/ 08 Wagir Desa Sitirejo Pelda S. Tjaraka disela-sela kegiatan mengatakan ” Kegiatan Penilaian Lomba Siskamling tingkat Kab. Malang ini di adakan sebagai bentuk Motivasi bagi seluruh warga untuk menggiatkan kembali kegiatan Siskamling di wilayahnya, karena dengan Ronda setiap kejadian yang akan terjadi dapat di cegah dan sama-sama menjaga kamtibmas di desanya,” pungkasnya.

Di beberapa kesempatan penilaian Lomba Siskamling disambut cukup antusias dengan ditandai puluhan warga yang hadir dan mendukung terlaksananya kegiatan penilaian Siskamling di wilayah Desa Sitirejo Kec. Wagir. Penilaian lomba yang dilakukan oleh tim gabungan Sat. Pol. PP Kabupaten Malang, Kodim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu dan Polres Malang. Lomba Siskamling dari awal sampai berakhirnya acara berjalan dengan tertib dan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here