Kodim 0818–Dalam upaya memutus Rantai penyebaran virus Corona di desa binaan segala upaya terus dilakukan oleh Tiga Pilar, seperti yang tengah dilakukan oleh Babinsa Koramil 0818/32 Wonosari Desa Plaosan Serka Yayan bersama unsur Tiga Pilar desa ( Bhabinkabtibmas, dan Kades) melaksanakan kegiatan pendampingan kepada Bidan desa ibu Dewi guna mengecek sekaligus pendataan masyarakat yang baru tiba dari luar daerah, yakni Orang Dalam Pantauan (ODP), guna mengantisipasi penyebaran wabah virus corona atau covid 19 di wilayah Desa Plaosan Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang Jatim, pada hari Selasa (12/05/2020).

Kegiatan pengecekan dan pendataan yang dilakukan oleh Bidan desa selalu didampingi oleh Tiga pilar (Babinsa, Babinkamtibmas, dan Kades) untuk mendatangi rumah semua warga Desa yang baru tiba dari luar daerah ini atau perantauan yang pulang kampung hal ini sangat penting dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona yang akan berakibat lebih luas lagi, apabila ada masyarakat yang baru tiba dari luar daerah dapat dilakukan pengecekan dan pendataan agar dan dihimbau kepada mereka untuk mengisolasi diri selama 14 hari di rumah dan tidak ke mana-mana dulu sementara waktu.

Untuk kegiatan kali ini, Tim Satgas Covid-19 Desa Plaosan mendatangi warga yang baru datang dari Bali an Bpk. Gandi umur 35 thn dengan alamat RT. 07/ RW. 07 Dusun Sumberkerto Desa Plaosan Kec. Wonosari Kab. Malang Jatim. Mereka menjalani tahapan prosedur Covid-19 yang diawali dengan pengecekan suhu badan warga dan langsung di data agar kesehatannya bisa terpantau oleh tim kesehatan desa. ” Setelah dicek kesehatan ini di mohon untuk menjalani Isolasi diri jangan kemana mana dulu, selama 14 hari ke depan,” ungkap Bidan desa bu dewi.

“ Saya berharap bagi warga dari luar daerah yang telah tiba di desa ini untuk segera melapor kepada Ketua RT/ RW dan perangkat desa setempat maupun Babinsa. Yang kemudian akan dilakukan pengecekan kesehatan oleh tim medis, serta mengkarantina diri dulu tinggal di rumah tidak boleh kemana mana ,” ungkap Serka Yayan Babinsa Plaosan.

Lebih lanjut disampaikan, pengecekan ini guna memastikan kesehatan warga yang baru tiba dari luar daerah, benar-bener di ketahui kesehatannya, sehingga status mereka bisa terlihat, apakah sehat, khususnya tidak terserang virus corona atau covid 19.

“Ini merupakan langkah upaya untuk mencegah penyebaran wabah virus corona atau covid 19 ini agar tidak meluas peyebaran nya. Dan diharapkan masyarakat dapat lebih kooperatif dan mau bekerja sama melaksanakan anjuran petugas dan pemerintah daerah, demi kepentingan bersama,” tambah Kades Plaosan Bu Sri Wahyuni.

Dalam situasi seperti ini kita tetap kompak memberikan imbuan dan arahan kepada warga agar tetap waspada terhadap keamanan lingkungan ini juga jangan sampai di manfaatkan orang untuk berbuat kriminalitas di desa ini, ” Saya juga menghimbau untuk warga yang sedang melaksanakan poskamling supaya tetap waspada dan tetap tidak bergerombol, menjaga jarak dan Jangan lupa tetap mematuhi aturan kesehatan pada waktu jaga pos siskamling yaitu selalu memakai masker, ” imbuh Bhabinkamtibmas.(Pendim 0818)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here