Kodim 0818-Pendidikan dan pembentukan karakter merupakan komitmen dari BMB Air-Langga. Salah satu metode yang dilakukan adalah melalui kegiatan Outbound yang dinamakan AirLangga Super Weekend atau selanjutnya disingkat ASW. ASW 2019 kali ini dilaksanakan pada hari Minggu (12/05/19) dan diikuti oleh 135 peserta tingkat SD dan SMP yang berasal dari 3 cabang, yakni Lawang, Purwosari, dan Pandaan.

Lokasi yang dipilih adalah di area wisata Tlogo Land, Desa Ketindan Kecamatan Lawang. Peserta antusias mengikuti kegiatan dengan riang gembira, tentunya tidak lepas dari semangat dan motivasi yang diberikan oleh trainer atau instruktur serta superteam Air-Langga.

Trainer outbound ASW setiap tahunnya berbeda. Tahun ini Outbound diberikan oleh Saka Wira Kartika Koramil 0818/27 Lawang (SWK 27) yang di pimpin oleh Kak Ronny Nur Achmadi. Jalannya kegiatan dibantu 6 personil / superteam dari Air-Langga, dimana terdapat kerjasama terkait persiapan, bahan, dan mobilisasi peserta. Superteam dan trainer dari Saka Wira Kartika sebelumnya telah merancang treathment yang akan diberikan kepada para peserta.

Outbound yang disuguhkan oleh Saka Wira Kartika dikemas dengan menghadirkan suasana menyenangkan melalui bentuk simulasi, permainan, dan tantangan sebagai media penyampaiannya. Hadiah juga diberikan kepada team yang menang dalam setiap game, baik berupa makanan ataupun wahana permainan tambahan seperti flying fox.

” Yang paling berkesan, waktu kita menang dan dapat hadiah istimewa dan hadiahnya dari luar negeri, sekaligus disertai stempel resmi, ternyata itu adalah telur asin.” ujar salah satu peserta sambil tertawa.

Kak Desy, selaku Dewan Adat dari Saka Wira Kartika Koramil 0818/ 27 Lawang mengatakan bahwa kegiatan di alam terbuka merupakan hal biasa yang telah dilakukan pramuka, salah satunya outbound. Apabila kemarin trainer dari setiap outbound dilakukan oleh para senior, maka kali ini giliran anggota baru Saka Wira Kartika yang belajar menjadi trainer outbound di luar lingkungan sehari-hari. Ini menjadi strategi dalam menerapkan learning by doing bagi anggota SWK 27.

Harapan dari kegiatan ASW ini adalah sebagai sarana pelatihan dan pembinaan perilaku, semangat, dan pengalaman. Dimana peserta secara aktif dilibatkan langsung dalam seluruh kegiatan. Selain itu diharapkan dengan outbound mampu memberikan semangat, inisiatif, dan pola pemberdayaan baru di sekolah atau dalam kegiatan belajar.

Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa saat ini kegiatan outbound training semakin digemari oleh banyak kalangan. Banyak pula pakar psikologi dan pendidikan yang menganggap outbound adalah metode yang efektif dalam membangun perilaku dan menjadi andalan dalam belajar untuk menerapkan suatu konsep, dan itu terbukti berhasil.

Adapun beberapa tujuan dari kegiatan outbound, antara lain:
1. Meningkatkan keterampilan. Karena tantangan memaksa peserta untuk mengukur kemampuan fisik, mental, dan kecerdasan berfikir. Diantaranya dengan menjalin komunikasi yang baik, tanggung jawab, kecepatan dan ketepatan dalam bertindak, 2. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan toleransi. Dimana peserta belajar memimpin, mau dipimpin, dan mau mendengarkan orang lain, 3. Menjalin keakraban dan mempererat kebersamaan. Selain itu solidaritas yang tinggi akan menimbulkan pula kerjasama atau teamwork. dan 4. Membangkitkan semangat dan motivasi baru.

Semoga metode outbound dapat menanamkan nilai-nilai positif, sehingga terbentuk karakter yang lebih baik.

BENTUK GENERASI MUDA YANG BERKARAKTER, DAN TANGGUH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here