Kodim 0818 Kabupaten Malang dan Batu menggelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda di halaman Makodim 0818 Jl. Panji no 11 Kepanjen, Kabupaten Malang peristiwa yang merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum penjajah inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945. Semangat persatuan para pemuda dulu harus diikuti pemuda masa kini. Yaitu, mengisi kemerdekaan dengan hal positif yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Upacara Sumpah Pemuda Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzawwad S.IP dalam kesempatan ini membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrohwi dengan inti Tanggal 28 Oktober 1928 merupakan waktu yang sangat bersejarah bagi pemuda-pemuda Indonesia karena pada tanggal inilah para pemuda-pemuda Indonesia memutuskan hasil kongresnya. Kongres pemuda yang dilaksanakan tanggal 27 s.d 28 Oktober 1928 dilaksanakan berdasarkan kebangsaan dengan nama Jong Java Jong Sumatera, Pemuda Indonesia, Sekar Rukun, Jong Islamieten Bond, Jong Batak Bond, Jong Celebes, pemuda Kaum Betawi dan dan Perhimpunan pelajar-pelajar Indonesia.

Hasil keputusan dari para pemuda-pemuda ini diantaranya adalah menyatakan, pertama; kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, kedua; kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan ketiga; kami putra dan putri Indonesia mengaku menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia, setelah mendengar putusan ini kerapatan mengeluarkan keyakinan Asas ini wajib dipakai oleh segala perkumpulan-perkumpulan kebangsaan Indonesia dan mengeluarkan keyakinan persatuan Indonesia diperkuat dengan memperhatikan persatuannya diantaranya adalah kemaunan, sejarah, bahasa, hukum-adat, pendidikan dan kepanduan.

” Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum historis dan menjadikan bagian yang tak terpisahkan dari mata rantai perjuangan masyarakat kita, bagi para pemuda Indonesia Sumpah Pemuda merupakan investasi dalam kepeloporannya dan kepeduliannya mengangkat harkat dan martabat Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang mandiri yang sejajar dengan Bangsa lain.” ucap Dandim 0818 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here