Kodim-0818-Babinsa selain melaksanakan fungsi Tugas pokoknya juga melaksanakan Pembinaan Wawasan Kebangsaan (Binwasbang) terhadap para siswa/ siswi dari beberapa Sekolah yang ada di Wilayah Kecamatan Turen yang tergabung dalam Wadah Pramuka “Saka Wira Kartika” (SWK).

SAKA (Satuan Karya) WIRA KARTIKA merupakan Penambahan dari 7 Saka yang terdahulu ada dan merupakan Satuan Karya Pramuka yang bersifat Nasional. Saka yang dibentuk melalui kerjasama antara Kwartir Nasional (Kwarnas) dengan TNI Angkatan Darat yang bertujuan untuk Mengembangkan Pendidikan Bela Negara.

Pengertian dari Satuan Karya Pramuka (Saka) adalah Wadah pendidikan guna menyalurkan Minat, Mengembangkan Bakat dan Pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Saka Wira Kartika adalah Wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega atau para pemuda usia antara 16-25 tahun dengan syarat khusus untuk meningkatkan Kesadaran Bela Negara melalui Pengetahuan dan Keterampilan di Bidang Matra darat.

Membentuk Patriot Bangsa yang Setia, Berbakti, dan Menjunjung tinggi nilai luhur Bangsa serta tetap menjaga Keutuhan NKRI.

Matra Darat sendiri dapat diartikan sebagai Segala aktivitas dan Kegiatan secara perorangan atau berkelompok yang memanfaatkan Kondisi Alam.

Dasar keputusan bersama antara TNI AD dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor Perkasad 182/ X/ 2007 dan Nomor 199 Tahun 2007 Tentang Kerjasama dalam Usaha pembinaan dan pengembangan Pendidikan Bela Negara dan Kepramukaan.

diskusi
Kegiatan Pramuka di Luar Ruangan

Peranan Babinsa disini sangatlah berpengaruh guna memajukan rasa kebangsaan dalam diri generasi penerus bangsa yang sekrang ini sudah mulai luntur akibat semaraknya Gadged/ Gedjed/ Hp Android serta Medsos yang cenderung menawarkan macam-macam kesenangan sehingga generasi penerus bangsa kita luntur dalam cara memahami makna bagamana meneruskan perjuangan para pejuang kita yang telah gugur hanya untuk memerdekakan bangsa ini.

Seharusnya bukan hanya Babinsa yang memulainya, tetapi juga harus dimulai dari dalam keluarga dan peran penting orang tua adalah yang utama, guru serta lingkungan dimana para generasi bangsa kita melaui proses mengenal kehidupan yang akan dijalani dimasa depan.

Dengan mirisnya rasa kebangsaan di generasi kita yang mulai luntur, untuk itu Kami dari Koramil 0818/ 14 Turen melalui Perintah Danramil 0818/ 14 Kapten Inf Yuyud Hadi Purmono kepada seluruh Babinsanya agar tidak bosan dan selalu merangkul, membina, dan serta memberikan Wawasan Kebangsaan terhadap para generasi penerus bangsa diwilayah masing masing.

Koramil 0818/ 14 sangatlah kritis dalam melaksanakan Pembinaan kepada Saka Wira Kartika. Hal ini dibuktikan dalam pelaksanaan berbagai kegiatan yang bersifat kebangasaan walaupun diselingi dengan berbagai macam permainan dan modernisasi zaman. Tetapi kami tidak mengesampingkan pelajaran dan tuntutan dari masing-masing sekolahan yang mereka naungi setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here