Kodim 0818-Kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika di setiap Gugus Depan di masing-masing Kodim maupun Koramil se-Indonesia kerap dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi Setiap Anggota Saka Wira Kartika di mana saja berada, seperti halnya di Kodim 0821/ Lumajang yang tengah mengadakan Kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika se-Wilayah Kodim 0821/ Lumajang.

Kegiatan tersebut yang dilaksanakan selama 3 hari dimulai tanggal 9-11 Nopember 2018 dengan Motto Satu Kata Seribu Tindakan, dengan diikuti 42 sangga dari perwakilan setiap Koramil di Wilayah Kodim 0821/ Lumajang.

Pioneering
Kegiatan Keterampilan Materi Krida Pioneer dari Peserta Giat SWK se-Wilayah Kodim 0821/ Lumajang

Saka Wira Kartika Kodim 0818/ Wil. Kab. Malang-Batu ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika di Wilayah Kodim 0821/ Lumajang. Partisipasi tersebut untuk menjadi Juri pada beberapa Krida yang dilombakan.

Juri Kegiatan SWK
Perwakilan Juri dari Kodim 0818/ Kab. Malang-Batu yang berpartisipasi pada kegiatan Pembinaan SWK Kodim 0821/ Lumajang

Krida yang dilombakan adalah lima (5) Krida yang dimiliki oleh Saka Wira Kartika, antara lain:

    1. Krida Navigasi Darat untuk materi yang di lombakan berupa kompas bintang,
    2. Krida Survival untuk materi yang di lombakan berupa masak sederhana,
    3. Krida Pioneering untuk materi yang di lombakan berupa miniatur bangunan multiguna dan Kehidupan Perkemahan,
    4. Krida Mountaineering untuk materi yang di lombakan berupa pemasangan webbing atau tali jiwa,
    5. Krida Penanggulangan Bencana untuk materi yang dilombakan berupa pembalutan dan pembidaian/ PP ( Pertolongan Pertama ).
Giat Pramuka
Juri Kegiatan SWK meninjau dan mengikuti Setiap tahapan kegiatan

Satu Kata Seribu Tindakan, itulah tema yang diusung dalam kegiatan kali ini. Maksudnya yaitu dalam  setiap kegiatan lebih mengedepankan bukti nyata melalui tindakan. Seperti halnya kedisiplinan, cekatan, kreatifitas, inovatif, dan kekompakan. Tentunya tema ini akan memperlihatkan karakter dari para peserta.

Adapun personil Saka Wira Kartika Kodim 0818 yang menjadi juri dalam kegiatan ini adalah kak Desy dari Lawang, Kak Bayu dari Lawang, dan kak Ricky dari Turen. “Sebenarnya ada rekan lain yang ikut, namun ternyata ada beberapa kendala atau sesuatu kegiatan yang harus diselesaikan. Personil tersebut antara lain 2 personil dari Gondang Legi, 2 dari singosari, 3 dari Dampit, 1 dari Batu.” Kata kak Desy selaku koordinator Juri dari Malang.

” Ini adalah salah satu kegiatan yang akan menjadi pengalaman dan pandangan baru penyelenggaraan kegiatan dalam Pramuka Penegak dan pandega Khususnya  kegiatan Kesakaan dan kelak Suatu saat SWK Kodim 0818 juga akan menyelenggarakan kegiatan yang serupa di lain waktu”, harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here