Kodim 0818-Selamatan Desa atau Bersih desa adalah sebuah tradisi ritual yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada umumnya terutama bagi masyarakat jawa, baik di Jawa Barat, sampai ke Jawa Timur. Selamatan secara sederhananya adalah suatu bentuk acara Syukuran dengan mengundang beberapa kerabat atau tetangga ataupun dilaksanakan secara massal pada suatu wilayah baik itu Dusun atau juga Desa, juga sering dilaksanakan secara massal dan serentak satu Desa.

3 Pilar bersama warga Desa
Acara ritual Sambang Petren Leluhur Desa Giripurno Kec. Bumiaji

Secara tradisional acara syukuran dimulai dengan doa bersama, dengan mengundang para tokah agama, tokoh masyarakat dan warga di Desa setempat. Acara biasanya dimulai dari mengunjungi tempat tempat leluhur atau kalau di daerah kami di Desa Giripurno Kec. Bumiaji sering disebut ” SAMBANG PETREN “. Sambang petren yang dilaksanakan bertujuan untuk mengenang dan menghormati jasa para leluhur yang telah mendirikan Desa dimana saja berada.

Selamatan Desa adalah Ritual upacara dan doa bersama biasanya dipimpin oleh tokoh agama atau biasa disebut Modin yang kemudian diteruskan dengan acara ramah tamah berupa makan-makan bersama sekadarnya dengan tujuan untuk mendapatkan berkah, keselamatan dan perlindungan dari ALLAH SWT, intinya adalah kebersamaan antara petinggi dengan warga Desa Guyub Rukun demi terciptanya Interaksi sosial yang baik.

Koramil Bumiaji
Babinsa Giripurno hadiri Selamatan Desa Giripurno Kec. Bumiaji

Adapun pelaksanaan Selamatan Desa yang biasa dilakukan dapat bermacam -macam kegiatan. Diawali dengan Sambang Petren, pengajian, menampilkan berbagai macam kesenian tradisional, gerak jalan, karnaval dan masih banyak lagi kegiatan yang di laksanakan.

Seperti Dusun Sabrangbendo melaksanakan kegiatan Selamatan Sumber mata air, sekaligus selamatan jalan yg selesai di paving beberapa saat yang lalu.

Menurut Ibu Titin sebagai Kepala Dusun Sabrangbendo menerangkan Tujuan dari semua kegiatan Selamatan Desa adalah untuk meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT dan juga untuk menambah kerukunan antar warga Desa Sabrangbendo.

Dari rangkaian kegiatan Selamatan Desa yang dimulai dari tingkat Dusun sampai Tingkat Desa dapat dilaksanakan dengan tertib aman tidak ada masalah sedikitpun, Alhamdulillah.

Bapak Untung Efendi selaku Plt Kepala Desa Giripurno mengatakan,  Saya berterima kasih yang tak terhingga kepada bapak Babinsa Serma Abdul Kadir dan juga Bhabinkamtibmas yang selalu hadir dan memberikan bantuan serta dukungan dalam setiap kegiatan sehingga semuanya dapat berjalan dalam keadaan aman.

Semoga kegiatan serupa tetap dapat dilaksanakan pada tahun berikutnya agar tetap terjaga kelestarian adat dan budaya Desa kami, sehingga anak cucu nanti dapat mengetahui asal usul sejarah Desa serta mengetahui siapa saja leluhur pendiri Desa ini. ungkapnya menambahkan.

3 Pilar Desa Giripurno
Sambutan Babinsa pada acara selamatan Desa Giripurno Kec. Bumiaji

Harapan kami biarpun kemajuan jaman tidak dapat terbendung, tekhnologi berkembang dengan pesat, budaya barat menyerang dahsyat tetapi Desa Giripurno tetap teguh menjaga adat istiadat serta budaya ketimuran kita AAMIIN….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here