Kodim 0818-Perayaan Grebeg Suro yang digelar di Dusun III Sumbul Desa Klampok Kecamatan Singosari Kabupaten Malang yang di gelar pada hari Minggu (16/09/18), berlangsung sangat meriah dengan diikuti sekitar 21 Rukun Tetangga dari Rukun Warga 07 dan 08 mengikuti Acara Suroan menyambut datangnya Tahun Baru 1440 Hijriyah.

Babinsa Singosari
Salam Kompak Babinsa bersama Rakyat

Hampir semua warga masyarakat Dusun Sumbul baik anak-anak, pemuda dan orangtua memadati rute yang dilalui arak-arakan sepanjang 3,2 Km. Start di Lapangan Kampung Baru Rt. 02 Rw 07 dan finish di depan rumah Bapak Lantas dengan alamat Rt. 02 Rw. 08 Dusun Sumbul Desa Klampok Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

” Perayaan ini merupakan Tradisi tahunan masyarakat Dusun Sumbul untuk memperingati Suroan atau datangnya Tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah dan alhamdulillah tahun ini pesertanya meningkat karena tiap RT menampilkan 3-4 kelompok seni yang berbeda dengan tema tampilan yang berbeda pula” ujar Kasun III Bapak Purwito didampingi Babinsa Desa Klampok Sertu Anang Nurdiansyah saat berada di garis pemberangkatan di Titik Start.

Pak Lantas selaku Tokoh Masyarakat Dusun Sumbut mengatakan ” Para leluhur kami secara turun temurun mengajarkan Kegiatan Bersih Desa ini agar Dusun kami terhindar dari segala bala dan musibah ” imbuhnya.  Banyak nasihat dan manfaat yang kita dapatkan dari kegiatan ini dan lebih utamanya masyarakat semakin guyub, adem, madep, mantep sehingga menciptakan kebersamaan antara warga kampung semakin kuat.

Ada kejadian menarik di titik finish setiap arak-arakan yang membawa tumpeng menjadi rebutan para warga. Masyarakat menyakini jika mendapatkan bagian dari tumpeng tersebut, bakal mendapatkan keberkahan dalam kehidupannya sampai tahun kedepan. Tak hanya tumpeng palawija, sayuran ada juga gunungan nasi tumpeng diperebutkan bahkan jajanan tradisional juga ada.

Koramil Singosari
Babinsa ada ditengah-tengah Warganya

Sementara itu Kepala Desa Klampok Bapak Tohari memberikan apresiasi Perayaan Grebeg Suro ini. ” Acara kali ini ada peningkatan dan sungguh luar biasa. Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk panitia karena kegiatan bisa berjalan dengan aman lancar dan tertib. Kami berharap tahun depan makin meriah dan routenya kalau bisa ditambah” harapnya.

Untuk menambah semangat dan gregetnya perayaan, kegiatan ini dilombakan. Menurut Nasehat Orang tua dulu ” URIP IKU URUP ” artinya Orang hidup harus menyala. Dalam kehidupan ini kita harus menjadi pribadi yang bermanfaat. Tidak hanya bagi diri sendiri, tapi juga bagi orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here