Kodim 0818-Babinsa merupakan anggota TNI yang memiliki tugas menjaga pertahanan dan keamanan nasional. Babinsa bertanggung jawab atas pelaporan dan pengawasan kondisi demografi, kondisi sosial masyarakat yang berdampak pada pertahanan keamanan nasional.

Babinsa merupakan orang pertama dari barisan TNI yang langsung turun ke tempat kejadian atau ke dalam masyarakat wilayah. Sebagai contoh saat ada bencana banjir, gempa bumi, kecelakaan, bencana penyakit dan juga kejadian apapun ditengah kehidupan masyarakat. Babinsa selalu berada ditengah masyarakat baik sebagai pembina desa maupun sebagai pelopor dalam mengatasi kesulitan warga masyarakat.

Dalam hal ini sering dilakukan oleh Babinsa – Babinsa di seluruh indionesia seperti yang dilaksanakan oleh Babinsa Desa Pringgodani Koramil 0818/12 Bantur, Kecamatan Bantur Kabupaten Malang yang bernama Koptu Heddy Hamonangan Siahaan selalu bersinergi dengan masyarakat binaannya dengan melakukan Komunakasi Sosial (Komsos) sehingga terjalin hubungan yang erat dengan masyarakat serta warga sangat bangga senang sekali dengan Babinsa yang bisa mengayomi warganya.

Kondisi wilayah Desa Pringgondani yang berbukit – bukit tidak membuat males atau enggan Babinsa Pringgodani kerap dengan sebutan “ Bang Siahaan ” ini untuk melakukan komsos dengan warganya.

Hal semacam ini bukan hanya dilakukan oleh Babinsa Pringgodani saja tetapi dilaksanakan oleh Babinsa – Babinsa yang lainnya yang berada di wilayah Koramil 0818/12 Bantur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here