Kodim 0818-Sebagai upaya dalam Implementasi Intruksi Presiden (Inpres) No. 06 Tahun 2020 dalam Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan terhadap masyarakat guna Pencegahan Penularan Covid-19 di seluruh Wilayah Nusantara dan di keluarkannya Peraturan Daerah Jatim No.02 Tahun 2020 serta dengan ditinjaklanjuti Peraturan Bupati (Perbub) Kab. Malang No.20 Tahun 2020, dengan dilaksanakan Operasi Cipta Kondisi yang digelar di wilayah Kab. Malang oleh Forkopimda Kab. Malang sejak beberapa waktu lalu dan di Kec. Pakisaji Kab. Malang, Jatim juga jajaran Muspika Pakisaji menggelar Operasi Cipta Kondisi di Fasilitas Umum yang di pimpin oleh Kapolsek Pakisaji AKP P. Triwik W pada hari Selasa (15/09/2020).

Kegiatan Operasi Gabungan yang di gelar setiap saat oleh Muspika Pakisaji di seluruh Wilayah Kec. Pakisaji terutama di Fasilitas umum sebagai upaya untuk mendisiplinkan dalam pelaksanaan Protokol Kesehatan (Prokes) bagi setiap Orang terutama di Luar rumah terlebih di Fasilitas umum yang notabene sebagai Tempat/ Cluster bagi penyebaran Covid -19, terutama Pentingnya Menggunakan Masker Sebagai Alat Pelindung Diri (APD) yang wajib di pakai oleh setiap Orang saat berada di Luar Rumah terlebih saat berada di Fasilitas umum.

Operasi Masker
Operasi Masker di Fasilitas Umum oleh Muspika Pakisaji

Seperti yang di galakkan di Pasar Pakisaji dan Jalan Protokol depan Mapolsek Pakisaji yang di gelar secara serentak setiap saat dengan melibatkan personel Polsek Pakisaji, Koramil 0818/ 07 Pakisaji, Anggota Trantib, Satpol PP Kec. Pakisaji serta seluruh Pihak yang berwenang untuk menegakkan Disiplin penggunaan Masker kepada Seluruh warga dan pengguna Fasilitas Umum, yakni dengan memberikan Sanksi kepada mereka sesuai dengan PERBUB NO. 20 TAHUN 2020 yaitu Mendata KTP apabila tidak memakai masker, dengan dikalungkan tulisan yang berisi *Pelanggaran Protokol Kesehatan* oleh Polsek Pakisaji ditambah dengan diberikan Sanksi Sosial seperti Hormat Kepada Bendera Merah Putih, menyanyikan Lagu Nasional maupun diberikan sanksi sosial lainnya sebagai efek Jera bagi pelanggar agar tidak di ulangi lagi.

Sejak hari Senin (14/09/2020) Kemarin sudah diberlakukan PERGUB Jatim No.53 Tahun 2020 di seluruh Wilayah Jatim tentang PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN CORONA VIRUS DISEASE 2019 yang sanksinya di rasakan lebih berat dari Sebelumnya seperti Penyitaan KTP sampai batas waktu tertentu dan Pembayaran Denda Administrasi sebesar Rp. 250.000,-kepada pelanggar Perorangan, dan aturan terbaru bagi Pemilik Usaha Mikro, Usaha Kecil, Usaha Menengah dan Usaha Besar dalam pelaksanaan Protokol Kesehatan di Linkup Usahanya, yang mana sistem pembayarannya dapat dilakukan melalui Bank Jatim yang akan Masuk ke Kas Daerah untuk digunakan sebagai penyediaan Sapras Percepatan Pencegahan Covid-19 di Jatim. Dan di Kab. Malang juga telah di adakan tempat Sidang Yustisi Di tempat bagi pelanggar Potokol Kesehatan yang terletak di Pasar Kepanjen Malang sebagai Tindakan Tegas Bagi Pelanggar PROKES yang telah terjaring oleh Satgas Pengawas Covid-19 TNI-Polri.

Operasi Masker di jalan
Babinsa dukung Operasi Masker bersama Muspika Pakisaji

Pada pelaksanaan Operasi Gabungan yakni Memberikan himbauan kepada para pengguna jalan, pedagang dan pengunjung Pasar apabila keluar rumah agar selalu memakai Masker serta selalu mematuhi protokol kesehatan memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak kepada mereka yang menggunakan Fasilitas Umum serta pengendara R2, R4 dll agar senantiasa Gunakan Masker sebagai Perlengkapan Pribadi.

Pelda Miskan saat ikut serta dalam Kegiatan tersebut mengatakan bahwa ” Kami bersama Jajaran Muspika Pakisaji dan instansi terkait menggelar Operasi Gabungan tentang pelaksanaan aturan Perbup Kab. Malang No. 20 Tahun 2020 yang dipertegas oleh PERDA JATIM NO. 53 TAHUN 2020 yang memberikan Penekanan Upaya Pendisiplinan kepada seluruh warga Jatim dalam pelaksanaan Protokol Kesehatan dan Sanksi Administrasi yang diberikan kepada Pelanggar Protokol Kesehatan baik secara pribadi maupun kepada pemilik usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Besar agar mereka Menjadi Jera dan selalu gunakan Masker sebagai Alat Pelindung Diri (APD) saat berada di Luar Rumah,” ungkapnya.

Operasi Masker
Pelaksanaan Operasi Masker digelar Setiap Saat di Seluruh Wilayah Kec. Pakisaji Malang

” Semoga dengan kegiatan ini menjadi Upaya Tegas bagi seluruh warga untuk menyadari tentang pentingnya gunakan MASKER SAAT DILUAR RUMAH agar dapat memutus penyebaran Covid-19 di Seluruh wilayah Kab. Malang khususnya di wilayah Kec. Pakisaji,” tegas Pelda Miskan di sela-sela kegiatan (Pendim 0818)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here